Sukses

Hengkang dari Xiaomi, Ini Pengganti Hugo Barra

Liputan6.com, Beijing - Xiaomi baru saja kehilangan salah satu orang pentingnya, yakni Hugo Barra. Seperti diketahui, Barra menjabat sebagai vice president global perusahaan. Ia telah mengabdi selama kurang lebih 3,5 tahun di Xiaomi, setelah sebelumnya menjabat Vice President of Android Product Management sampai 2013.

Jabatan eksekutif Barra diketahui sebagai salah satu posisi paling penting di Xiaomi. Bahkan, peran Barra yang begitu besar di Xiaomi menjadikannya sebagai "tangan kanan" CEO Lei Jun.

Karena Barra pula, Xiaomi sukses menjadi brand yang mampu bersinar di mata dunia. Terbukti, ekspansi Xiaomi ke negara-negara lain tak luput dari Indonesia, Singapura, Malaysia dan 20 negara lain, termasuk Rusia, Meksiko dan Polandia.

Lalu, siapakah sosok yang akan menggantikan posisi Barra di Xiaomi?

Diungkap Lin Bin, salah satu co-founder Xiaomi, pihaknya telah menyiapkan pengganti Barra. Sosok yang akan mengisi jabatan Vice President Global Xiaomi tak lain adalah "orang dalam" Xiaomi yang bernama Xiang Wang. Wang sebelumnya menjabat sebagai Senior Vice President Xiaomi

Sekadar informasi, peran Wang di Xiaomi pun memiliki kredibilitas yang tinggi. Dilansir Engadget, Selasa (24/1/2017), pria yang sempat menjabat sebagai President Qualcomm di Tiongkok tersebut bergabung dengan Xiaomi pada pertengahan 2015.

Lei Jun menyebut dirinya merupakan sosok piawai yang mampu memimpin tim dengan baik.

"Wang memiliki sosok pemimpin yang tidak dimiliki yang lain. Ia sudah malang melintang di industri ini selama 20 tahun. Di mata saya, ia adalah pemain ekosistem mobile yang andal," ucap Lei Jun.

Berbeda dengan Barra yang "aktif" di media sosial (medsos), Wang tidak terlalu menggunakan akun medsosnya. Ia bahkan tidak mengunggah apa pun di Weibo. Selain itu, tak ada tanda-tanda kehadiran di medsos lain seperti Facebook dan Twitter.

Padahal, salah satu tugas utama Vice President Global Xiaomi adalah melakukan pendekatan komunitas dengan product marketing via medsos seperti yang dilakukan Barra.

Barra sendiri kini mengantongi 108 ribu follower di Facebook. Sedangkan di Twitter, ia memiliki sekitar lebih dari 100 ribu follower. 

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini