Sukses

Pengguna Smartfren Nikmati Layanan Voice Over WiFi di Paruh 2017

Liputan6.com, Jakarta - Selain menghadirkan layanan VoLTE (Voice Over LTE), Smartfren diketahui juga berencana untuk menghadirkan layanan Voice Over WiFi atau VoWiFI. Saat ini teknologi tersebut masih dalam versi beta atau tahap pengembangan.

Disampaikan Derrick Surya, VP Brand & Marketing Communication Smartfren Telekom, VoWiFi dipastikan akan siap pada semester I 2017. Saat ini baru ada dua smartphone Andromax, yaitu Andromax L dan B, yang dipastikan telah mendukung teknologi VoWiFi.

Menurut Derrick, pihaknya masih memiliki sejumlah kendala sehingga belum bisa merilis VoWiFi secara penuh. Salah satunya adalah jaringan WiFi yang memang tidak berada di bawah 'kuasa' Smartfren.

"WiFi itu kan harus bisa 'berkomunikasi' dengan server kami. Nah itu sekarang ada beberapa yang belum seamless dan yang sudah. Sekarang kita masih terus update firmware agar bisa seratus persen seamless," terang Derrick.

Selain itu, kendala lainnya adalah sistem bahasa, seperti access point, IP, dan juga perbedaan coding. "Itu yang bikin kami belum siap komersialisasikan, belum bisa bilang jadinya kapan soalnya masih menunggu hasil tes benchmark di tim IT dan network," terangnya.

Hartadi Novianto selaku Head of Smartphone Product Bundling Smartfren Telecom menambahkan bahwa VoWiFi memungkinkan pengguna untuk menelepon ke pengguna operator seluler apapun dan PSTN (public switched telephone network) tanpa menggunakan aplikasi tertentu. Saat menelepon, pengguna otomatis akan memakai jaringan WiFI, namun pulsanya dipotong.

"WiFi itu kan bukan di-provide Smartfren. Nah, layanan ini ada pemotongan pulsa karena yang kami running ini semacam VOIP. Di situ teknologi didukung jaringan AMS kita, nanti diolah semacam VoLTE, tarif voice reguler tapi terhubung WiFi," paparnya.

Hartadi menegaskan bahwa Smartfren akan mengikuti regulasi pemerintah, salah satunya adalah mengikuti dengan tarif interkoneksi untuk VoWiFi.

"Secara network, kami sudah siap support VoWiFi. Kamu juga menunggu masukan dari pelanggan yang harus diperbaiki sama saat kami pertama kali merilis VoLTE. Sekarang sih masih di Andromax dulu, ke depannya bisa jadi ada rencana untuk mengaplikasikan VoWiFi ke handset open market," pungkasnya.

(Jek/Cas)

 

Artikel Selanjutnya
XL Rilis Tarif Roaming Internet Rp 15.000 Seharian
Artikel Selanjutnya
20 Aplikasi Android yang Rakus Kuota Internet