Sukses

Kembali Contek Snapchat, Facebook Hadirkan Fitur Stories

Facebook dilaporkan tengah menguji coba fitur Stories di wilayah Irlandia.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah fitur Stories hadir di Instagram, Facebook sebagai perusahaan induk ternyata ikut menghadirkan fitur tersebut di aplikasinya. Fitur bernama Facebook Stories ini memiliki tampilan yang serupa dengan Instagram.

Dikutip dari Business Insider, Kamis (26/1/2017), fitur ini sedang diuji coba untuk aplikasi mobile Facebook dan hanya tersedia di Irlandia. Namun dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak negara.

Menurut informasi, Facebook Stories benar-benar bekerja layaknya Instagram Stories. Pengguna dapat mengunggah gambar atau video secara langsung, dan cerita yang dibagi tersebut akan menghilang setelah 24 jam.

Pengguna juga dapat membalas atau mengomentari unggahan dari orang lain melalui Direct Message. Selain itu, pengguna juga bisa menyematkan filter atau geofilter pada video dan foto yang diunggah.

Sejumlah analis memperkirakan kehadiran fitur ini merupakan strategi perusahaan melawan Snapchat. Strategi itu pun dilaporkan berhasil dengan pengguna Instagram Stories mencapai 150 orang setiap harinya, setara dengan total pengguna Snapchat.

Tak hanya itu, Facebook Stories juga bisa menjadi ladang uang baru bagi perusahaan tersebut. Dengan 1,8 miliar pengguna, Facebook dapat memonetisasi layanan tersebut ke pengiklan, seperti yang sudah dilakukan oleh Instagram Stories.

Sebagai informasi, Instagram Stories sendiri diperkenalkan pertama kali pada Agustus 2016.  Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan semua momen keseharian dalam satu format slideshow.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini