Sukses

Microsoft Ungkap Cara Kerja Game Mode di Windows 10

Liputan6.com, Washington DC - Akhir tahun lalu, Microsoft dilaporkan akan memboyong fitur Game Mode pada pembaruan untuk Windows 10. Perusahaan berbasis di Redmond tersebut juga telah memastikan hal ini, meski tanpa informasi lebih lanjut mengenai cara kerjanya.

Namun, baru-baru ini Microsoft membuka sedikit informasi mengenai fungsi fitur anyar tersebut. Sesuai namanya, fitur Game Mode memang ditujukan untuk mendukung gamers yang terbiasa memainkan gim dari PC.

Dikutip dari Forbes, Minggu (29/1/2017), Microsoft mengklaim kehadiran fitur ini dapat mendorong frame rates dari tampilan gim. 

Sebagai gambaran kasar, sebuah perangkat biasanya menggunakan Graphic Processing Unit (GPU) untuk menampilkan gim. Tampilan itu dimunculkan sebagai frame tunggal, sehingga memerlukan GPU mumpuni untuk mampu memperlihatkan kualitas grafis terbaik dari sebuah gim.

Melalui Games Mode, Microsoft menargetkan fitur itu dapat menampilkan frame rates maksimal dan rata-rata untuk memberikan pengalaman lebih baik. Fitur tersebut akan memprioritaskan sumber dari GPU dan CPU untuk gim yang sedang dijalankan.

Secara grafis, tampilan dari gim yang dimainkan bersamaan dengan Game Mode memang tak memperlihatkan perbedaan drastis. Namun untuk pengguna yang kerap menjalankan beberapa aplikasi di background, fitur ini dapat membantu gim berjalan tak lemot.

Meski belum dapat digunakan untuk sekarang, fitur ini kabarnya akan segara hadir dalam waktu dekat. Microsoft menjanjikan fitur ini akan siap digunakan bersamaan dengan pembaruan Windows 10 Creator yang rilis pada April mendatang.

(Dam/Why)