Sukses

Hideo Kojima Buka-bukaan soal Hengkang dari Konami

Liputan6.com, Tokyo - Hideo Kojima akhirnya buka suara soal kepergiannya dari Konami, penerbit gim asal Jepang yang telah membesarkan namanya selama hampir 30 tahun.

Seperti diketahui, kreator seri Metal Gear tersebut hengkang dari Konami pada akhir 2015. Sempat berembus kabar bahwa ketidakharmonisan menjadi alasan utama.

“Jika boleh berbicara, saya sekarang lebih punya kebebasan setelah saya pergi dari Konami,” kata Kojima ketika diwawancarai di BBC Radio, sebagaimana dilansir dari Gamespot, Sabtu (28/1/2017).

Bahkan, Kojima secara terang-terangan menyebut Konami adalah perusahaan yang tak lagi terdaftar di bursa efek global. “Kita tak perlu lagi khawatir soal Konami mencari investor. Saya tidak mau memikirkan banyak hal tentang mereka. Lebih baiksaya berkonsentrasi bikin gim baru di studio saya,” ucapnya.

Bagaimana pun, Konami di mata Kojima adalah perusahaan yang memang memberikan banyak ilmu dan pengalaman baru. Namun, Kojima menegaskan, peran Konami tak lebih dari itu.

“Hampir 53 tahun, saya belajar dari diri saya sendiri. Film yang saya tonton, buku yang saya baca, musik yang saya dengarkan, gim yang saya mainkan, serta orang-orang yang saya temui 30 tahun terakhir di industri gim, itu semua yang membentuk saya. Bukan Konami, bukan orang-orang di dalam Konami.”

Kojima melanjutkan, di usianya yang sudah matang ini, ia akan meneruskan untuk menggarap gim-gim secara independen yang ia percaya dapat menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi para penggemarnya.

Sekadar informasi, Kojima bergabung dengan Konami sejak 1986. Hampir tiga dekade, ia telah membuat seri Metal Gear melekat di hati para gamers. Bahkan, ia juga bergabung dengan beberapa kreator lainnya untuk membuat seri lanjutan Silent Hill di PS4, yang pada akhirnya gagal rilis.

Perpisahan Kojima dengan Konami disebut-sebut tidak berjalan mulus. Setelah hengkang dari Konami pada 2015, pria yang kerap dijuluki The Father of Metal Gear ini mendirikan studio gim indie dengan nama Kojima Productions. Studio tersebut bermitra dengan Sony untuk proyek pengembangan gim perdananya, Death Stranding.

Kojima menuangkan kegembiraannya bergabung dengan Sony. Ia mengatakan ini merupakan babak baru di kehidupannya dan tentunya akan penuh dengan tantangan.

Adapun Death Stranding akan dirilis secara eksklusif untuk PS4, tetapi Kojima tak membeberkan kapan gim ini akan dirilis.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Resident Evil 2 Remake Siap Rilis 2018?
Artikel Selanjutnya
Terungkap, Alasan Xavi Afrika Gagal Pindah Barcelona