Sukses

Rahasia di Balik Solitaire, Hearts, FreeCell, dan Minesweeper

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna PC Windows sudah pasti tidak asing lagi dengan gim legendaris seperti Solitaire, Hearts, FreeCell, dan Minesweeper.

Ya, sebelum gim-gim PC seperti Overwatch, League of Legends, Dota 2, Call of Duty, Battlefield, dan lainnya hadir, satu-satunya cara pengguna PC untuk menghibur diri adalah memainkan empat gim tersebut.

Meski simpel, keempat gim tersebut mampu menghibur dan bikin 'ketagihan'. Menariknya, gim ini ternyata memiliki sebuah rahasia yang mungkin tidak akan kamu duga. Mengutip informasi dari laman Mirror, Minggu (29/1/2017), Microsoft membuat gim-gim ini dengan tujuan dan fungsi berbeda-beda.

Microsoft Solitaire, gim tertua dibanding tiga gim lainnya yang muncul pertama kali di Windows 3.0 pada 1990, diam-diam mengajarkan penggunanya bagaimana cara menggunakan tetikus (mouse). 

Saat itu banyak pengguna PC masih awam menggunakan tetikus dan harus belajar bagaimana caranya melakukan 'drag and drop'. Untuk saat ini drag and drop memang sepele, tetapi pada saat itu hal tersebut merupakan fitur yang cukup membingungkan bagi banyak orang.

Rahasia di Balik Gim Solitaire, Hearts, FreeCell, dan Minesweeper

Beda lagi dengan Minesweeper. Gim ini pertama diperkenalkan oleh Microsoft di Windows 3.1 pada 1992. Dua tahun berselang dari Solitaire, kehadiran gim ini bertujuan untuk mengajarkan bagaimana caranya menggunakan klik kanan dan klik kiri.

Begitu juga dengan Hearts yang diperkenalkan pada tahun yang sama, 1992. Gim ini memberikan gambaran kepada pemain bagaimana cara berkomunikasi dengan pemain lainnya yang terhubung dengan jaringan LAN. Sebuah hal yang masih baru saat itu.

Gim terakhir adalah FreeCell yang diperkenalkan di Windows 3.1, yang ternyata digunakan Microsoft untuk menguji sistem software update. Lalu, bagaimana gim-gim 'jadul' ini dapat bertahan selama 13 tahun? Sederhana saja, gim ini berguna dan menyenangkan.

Namun kemudian Microsoft akhirnya memutuskan menghapus gim-gim tersebut lewat pembaruan Windows 10 yang meluncur pada 2015. Namun, bagi kamu yang penasaran ingin main, masih bisa mengunduh gim-gim tersebut dari Windows Store.

(Ysl/Why)

Artikel Selanjutnya
Kocak, Begini Gaya Jon Snow Saat Jadi Naga Game of Thrones
Artikel Selanjutnya
Ada yang Hamil di Game of Thrones Season 7