Sukses

Gita, Robot Kargo Personal Besutan Piaggio

Piaggio yang dikenal sebagai pemilik merek Vespa ternyata ikut merambah pengembangan robot otonomos

Liputan6.com, Jakarta - Piaggio Group yang dikenal sebagai perusahaan pemilik merek Vespa, turut meramaikan produk teknologi terkini. Melalui anak perusahaannya, Piaggio Fast Forward, perusahaan asal Italia itu berfokus pada pengembangan robot.

Untuk produk pertama perusahaan tersebut, Piaggio Fast Forward memperkenalkan Gita, sebuah robot kargo pribadi. Dikutip dari Engadget, Selasa (31/1/2017), robot dengan tinggi 66 cm ini difungsikan untuk membawa barang penggunanya. 

Robot ini disebut mampu membawa barang dengan bobot hingga 18 kg. Ada dua cara untuk mengoperasikan kargo ini, yaitu dikontrol oleh pengguna atau berjalan secara otonomos.

Gita juga diklaim bisa berjalan cukup cepat untuk mengikuti pergerakan pengguna. Robot ini dapat berjalan dengan kecepatan hingga 35 km/jam.

Piaggio juga telah membekali robot ini dengan kemampuan navigasi terbilang baik, termasuk ketika berada di trotoar. Gita juga dapat mempelajari navigasi di dalam ruangan, termasuk pengambilan keputusan seperti manusia. 

Robot ini direncanakan muncul terlebih dulu dalam uji coba untuk keperluan business-to-business. Namun, Piaggio dilaporkan juga berencana menghadirkan produk ini untuk kebutuhan pribadi.

Rencananya, informasi lain seputar produk ini akan diumumkan pada 2 Februari mendatang. Mengingat belum ada informasi lain mengenai Gita, Piaggio juga belum mengungkap harga dari robot tersebut.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini