Sukses

10 Kata Ini Jadi Senjata Andalan Pengguna LinkedIn Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Selama 6 tahun berjalan, LinkedIn secara rutin menyusun dan menganalisis 10 kata atau frase yang paling sering digunakan oleh profesional di LinkedIn selama 12 bulan terakhir.

Baru-baru ini jaringan online profesional tersebut mengumumkan 10 kata yang sering dituliskan atau biasa disebut “buzzwords” oleh profesional Indonesia di LinkedIn sepanjang 2016. Berikut ini daftarnya:

1. Specialized
2. Leadership
3. Passionate
4. Experienced
5. Responsible
6. Strategic
7. Creative
8. Expert
9. Focused
10. Certified

Data terbaru menunjukkan, mayoritas profesional di Indonesia mencoba untuk menunjukkan keistimewaan mereka dengan menuliskan keahlian yang spesifik dan kepemimpinan.

“Specialized” dan “Leadership” merupakan dua kata teratas pada daftar buzzwords 2016. Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana kata “Creative” dan “Motivated” menduduki peringkat 2 teratas.

“Memiliki personal brand online yang kuat adalah kunci untuk membuka berbagai peluang di masa depan, terlebih lagi di awal tahun ketika banyak yang ingin mendapatkan pekerjaan baru hingga kesempatan untuk melakukan kegiatan sosial yang bermakna. Karena itu, penting bagi seseorang untuk terlihat menonjol dan istimewa dibanding yang lain tanpa terlihat terlalu membesarkan atau pun merendahkan diri,” ujar Roger Pua, Senior Director, Corporate Communications for Asia Pacific, LinkedIn kepada Tekno Liputan6.com melalui email, Selasa (1/2/2016) di Jakarta.

Memperbarui profil LinkedIn dengan menambahkan berbagai prestasi dan kemampuan baru yang didapat, terang Roger, merupakan tindakan yang bermanfaat dan membuat Anda menonjol. Namun, jangan terjebak dengan kata-kata.

"Meskipun kata-kata yang umum dapat memudahkan kamu, namun kenyataannya hal tersebut tidaklah efektif untuk merefleksikan keistimewaan kamu sebagai profesional, terlebih ketika semua orang menuliskan kata yang sama,” tambahnya. 

Sementara Arbania Fitriani, Director StellarHR Indonesia--sebuah perusahaan di bidang konsultan Human Resources Management--mengatakan bahwa personal branding yang dapat menjelaskan kelebihan dan keistimewaannya, membantu para personel HR untuk memahami tentang bagaimana seorang profesional kapabel untuk mengisi suatu posisi pekerjaan.

"Personal branding membedakan seorang talenta yang luar biasa, dengan jutaan profesional lainnya. Terlebih lagi, kami selalu tertarik mempelajari lebih lanjut tentang kontribusi mereka di dalam pekerjaannya,” pungkasnya.

(Isk/Cas)