Sukses

Trafi Jadi Aplikasi Pendukung Transjakarta dan Jakarta Smart City

Liputan6.com, Jakarta - Trafi, aplikasi penyedia informasi transportasi umum, resmi menjadi mitra aplikasi Jakarta Smart City dan aplikasi pendukung Transjakarta. Melalui kerja sama ini, pengguna Trafi dapat mengetahui jadwal dan estimasi keberangkatan bus Transjakarta secara real-time.

Selain itu, Trafi juga berkolaborasi dengan Jakarta Smart City dalam hal pembagian data. Data tersebut dapat digunakan untuk menganalisis pola penggunaan transportasi untuk pengembangan kebijakan dan perencanaan kota Jakarta lebih lanjut.

"Sinergi antara Trafi dan Transjakarta diharapkan dapat membantu pengguna transportasi umum untuk mengetahui jadwal perjalanan yang berujung pada produktivitas warga kota," tutur Dimas Dwilasetio, Country Manager Trafi Indonesia saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Kerja sama ini juga disambut baik oleh Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono. Menurutnya, tak sekadar memberikan informasi mengenai jadwal dan ketepatan waktu dari armada Transjakarta, aplikasi ini diharapkan dapat membantu mengejar target penumpang selama 2017.

"Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Transjakarta untuk memberikan informasi dan ketepatan waktu selama perjalanan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membantu untuk mengejar target 180 juta penumpang Transjakarta tahun ini," kata Dimas.

Trafi yang sudah bisa diunduh gratis di Google Play Store dan App Store ini menyediakan informasi dari 82 rute Transjakarta. Selain itu, informasi trayek sejumlah penyedia layanan transportasi umum lainnya, seperti Mayasari Bakti, Damri, Kopaja, Metromini, termasuk Mikrolet, juga ada di aplikasi ini.

Jadwal dan rute perjalanan Commuter Line pun telah tersedia di aplikasi Trafi. Bahkan, mengingat moda transportasi publik on-demand banyak digunakan masyarakat Jakarta, aplikasi asal Lithuania ini turut memasukkan informasi layanan Uber, Grab, dan Go-Jek.

"Pengguna juga bisa memesan langsung layanan Go-Jek dari aplikasi Trafi. Jadi, ketika pengguna memilih untuk menggunakan Go-Jek saat mencari rute perjalanan di Trafi, pengguna akan langsung dialihkan ke aplikasi penyedia ojek online tersebut," tuturnya.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
Tesla Bakal Punya Layanan Streaming Musik Sendiri?
Artikel Selanjutnya
Bikin Mudik Makin Asyik dengan 5 Aplikasi Ini