Sukses

3 Aplikasi PDF Reader dan Editor di Android

Liputan6.com, Jakarta - Selain .doc atau .docx, format yang cukup lazim ditemukan adalah .pdf. Bila mendengar .pdf, sebagian dari kamu mungkin langsung mengingat aplikasi Adobe Acrobat Reader, baik yang tersedia untuk PC maupun smartphone.

Namun sesuai namanya, "Reader" ini berfungsi untuk membuka .pdf saja. Nah, kamu yang cukup sering berkutat dengan dokumen boleh jadi pernah mengalami saat-saat di mana ingin mengedit .pdf tersebut.

Seiring perkembangan teknologi, kini sudah tersedia aplikasi Android yang tidak hanya mampu membuka .pdf, tetapi juga mengeditnya langsung di smartphone. Apa saja aplikasi tersebut, simak rangkumannya berikut ini.

1. OfficeSuite + PDF Editor

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang belum tahu, aplikasi olah dokumen OfficeSuite juga tersedia dalam versi yang mendukung untuk mengedit .pdf, selain format .doc, .docx, dan lain-lain tentunya. Ada pula fitur berbagi file langsung ke layanan penyimpanan awan semisal DropBox dan Google Drive. 

Bahkan, aplikasi ini mendukung fungsi untuk mengubah foto yang diambil langsung dari kamera smartphone, lalu menyimpannya sebagai .pdf, cukup dengan memasang aplikasi tambahan dari pengembang yang sama. Menarik, bukan?

Di samping hal-hal tersebut di atas dan fitur standar lainnnya, ada beberapa fitur menarik untuk versi premium dengan harga cukup bersahabat seperti QuickWrite, Microsoft Compatibility Font Pack, pemeriksa ejaan, dan lain-lain. 

2. Xodo PDF Reader & Editor 

Beberapa fungsi menarik dari Xodo PDF Reader & Editor antara lain menggabungkan beberapa file .pdf menjadi satu, memecah satu .pdf menjadi beberapa, mengubah orientasi halaman, menghapus halaman, mengubah susunan halaman, dan menambah halaman kosong. Di luar itu, fungsi-fungsi seperti highlight, underline, dan strikeout, dan fungsi standar juga tersedia.

Sama seperti OfficeSuite + PDF Editor, Xodo PDF Reader & Editor juga sudah mendukung fungsi untuk mengubah foto yang diambil langsung dari kamera smartphone, lalu menyimpannya sebagai .pdf.

3. Foxit PDF Reader & Editor

Aplikasi ketiga, yakni Foxit PDF Reader & Editor, juga tidak kalah hebat dari dua aplikasi sebelulmnya. Fitur-fitur pengeditan standar tentunya sudah didukung oleh aplikasi ini.

Untuk fitur-fitur khusus, Foxit PDF Reader & Editor menawarkan proteksi .pdf dengan sertifikat, kata sandi, serta Microsoft Rights Management Services. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu menyimpan, membagikan, dan mengakses .pdf di Google Drive, OneDrive, Dropbox, Box, dan Foxit Cloud Reading.

(Why/Ysl)