Sukses

2,5 Juta Akun Xbox dan PlayStation Berhasil Dicuri Hacker

Ada 2,5 juta detail informasi pengguna di forum Xbox dan PlayStation yang dicuri peretas.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sedikit kabar buruk bagi kamu pemain PlayStation dan Xbox. Kemungkinan, data pribadi kamu dicuri oleh peretas.

Kejadian ini berlangsung di situs forum gim dengan jumlah pengguna cukup banyak. Diketahui, ada 2,5 juta detail informasi pengguna yang dicuri peretas.

Adalah Xbox360ISO.com dan PSPISO.com, dua situs forum ternama yang berhasil diretas. Bagi para pembajak gim, dua situs ini memang dikenal sebagai penyedia tautan yang dapat digunakan untuk mengunduh gim.

Mengutip informasi dari laman The Next Web, Kamis (2/2/2017), kedua forum itu ternyata diretas sejak 2015. Meski sudah hampir dua tahun lalu terjadi, detail informasi tentang peretasan itu baru diketahui publik saat ini.

Adapun 2,5 juta detail informasi akun yang dicuri itu sudah meliputi kata sandi (password), nama pengguna (user name), IP Address, dan alamat email. Diketahui, admin kedua laman forum tersebut hanya menggunakan sistem MD5 hashing--yang mudah dijebol--untuk melindungi kata sandi.

Masih belum terungkap siapa yang meretas dan apa motif di balik peretasan terhadap kedua forum tersebut. Namun sejauh ini belum ada pihak yang meminta tebusan atau apa pun atas data-data yang dicuri.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.