Sukses

Erat dengan Internet dan Gadget, Simak Tips Didik Kaum Generasi Z

Berikut ini tips untuk mendidik kaum generasi Z yang dikenal akrab dengan internet dan gadget.

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan generasi X dan Y, generasi Z dikenal erat dengan produk teknologi, yakni internet dan gadget. Wajar mengingat kaum ini lahir saat internet sudah ada. 

Bahkan generasi Z, sejak anak-anak sangat akrab dengan ragamu kegiatan yang mengandalkan gadget, seperti komputer, smartphone, atau tablet.

Banyak hal bermanfaat yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet dan gadget. Apa saja?

Nah, simak tips berikut ini, sebagaimana dikutip  Tekno Liputan6.com dari laman Tunaiku agar orang tua dapat mendidik mereka terhadap penggunaan internet:

1. Asah Kemampuan untuk Kerjakan Berbagai Hal Sekaligus

Anak-anak yang lahiir di era masa kini umumnya sudah piawai menggunakan smartphone, laptop, hingga tablet. Biasanya, mereka menggunakan perangkat tersebut untuk menonton video, bermain game, dan mendengarkan musik. Terkadang mereka melakukan ragam aktivitas secara bersamaan pada gadget-nya.

Para orang tua sebetulnya dapat melihat hal tersebut sebagai suatu kelebihan. Jika mereka dapat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus, hal itu dapat dimanfaatkan untuk hal lain. Misalnya, membersihkan rumah bersama, menyapu, dan membersihkan perabotan rumah.

2. Rangsang Keingintahuan dengan Belajar Hal Baru

Kaum generasi Z dikenal punya rasa keingintahuan yang tinggi. Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan mereka mengutak-atik gadgset sendiri. Bahkan ketika mereka masih balita, terasah untuk mencoba gadget atau aplikasi.

Berbekal rasa keingintahuan yang tinggi, anak-anak generasi Z memiliki potensi untuk meningkatkan kecerdasannya dengan pergi ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Atau biarkan mereka melihat hal-hal baru dengan memberikan mereka buku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Fasilitasi Kemauan Mereka untuk Menabung

Generasi Y cenderung konsumtif, sedangkan generasi Z memiliki kebiasaan menabung. Hal ini wajar karena kaum mereka lahir di situasi ekonomi yang tak stabil. Dengan begitu, terbentuk pola pikir untuk menjadi lebih baik secara finansial.l.

Para orang tua tentu harus melihat hal ini sebagai kelebihan sehingga lebih mudah mengajarkan anak-anak generasi Z agar rajin menabung sejak kecil. Hal ini bisa dimulai dari memberikan mereka celengan atau mengenalkannya pada rekening tabungan. 

 4. Ajak Beraktivitas Bersama Setiap Hari

Nah, salah satu kekurangan generasi Z adalah sikap individualis yang membuat mereka menjadi egois dan mementingkan diri sendiri. Sikap ini muncul karena mereka lebih sering menghabiskan waktu dengan gadget ketimbang memerhatikan sekitarnya.

Agar mereka lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, orang tua dapat mengajak mereka untuk melakukan aktivitas sederhana secara bersama. Misalnya, sarapan dan makan malam bersama, atau pergi berlibur setiap akhir pekan.

5. Perlakukan Mereka dengan Lembut dan Sabar

Salah satu pengaruh dari penggunaan gadget yang terlalu sering adalah keinginan mereka untuk mendapatkan sesuatu dengan instan. Ini membuat generasi Z cenderung tidak sabaran dan kurang menghargai proses. Apabila dibiarkan, tentu hal ini akan membentuk karakter yang kurang baik terhadap anak.

Sebagai orang tua, Anda harus lembut dan sabar dalam menghadapi anak-anak yang tidak sabaran. Orang tua dapat melatih kesabaran anak dengan mengajak mereka menggambar, mewarnai, atau memasak.

Bagaimana? Anda dapat memulainya dari sekarang. Selamat mencoba!

(Cas/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.