Sukses

Melongok 'Wajah' Facebook 13 Tahun Lalu

Liputan6.com, California - Pada hari ini, Sabtu (4/2/2017), Facebook telah menginjak usia yang ketiga belas tahun.

Jika kamu sudah menonton film berjudul “The Social Network”, mungkin sudah paham betul bagaimana sepak terjang di balik sosok penggagas raksasa jejaring sosial ini, Mark Zuckerberg.

Ya, Zuck--begitu akrab disapa--menggagas konsep awal Facebook ketika ia masih mengemban studi di Harvard. Saat itu, Facebook hanya diciptakan untuk wadah komunitas mahasiswa di universitas ternama itu.

Nah, bagaimana kira-kira tampilan Facebook saat 13 tahun lalu? Apakah sama dengan tampilan saat ini? Tentu berbeda.

Mengutip informasi dari laman Mirror, tampilan Facebook jauh berbeda ketika pertama kali didirikan pada 2004. Hanya saja, aksen padanan warnanya tetap sama, yakni khas dengan warna biru.

Facebook waktu itu tampil dengan laman terkustomisasi, seperti MySpace dan Friendster (yang pada saat itu tengah populer). Namun, nama Facebook tidak terpampang di atas halaman muka. Nama “The Facebook” malah muncul dengan ilustrasi wajah anonim seorang pria.

Dalam waktu 24 jam, The Facebook sudah ‘live’ dan digunakan lebih dari 1.200 mahasiswa Harvard. Bahkan, Zuck berhasil memperluas jaringan ke beberapa universitas lain, seperti Boston, The Ivy League dan pada akhirnya semua universitas di Amerika Serikat mampu menikmati jejaring sosial tersebut.

Begini bentuk The Facebook pada saat itu:

Facebook profile from 2005

The Facebook pada saat itu memang masih minim fitur. Belum ada tombol ‘like’, apalagi fitur Messenger. Yang menarik untuk digunakan kala itu hanyalah fitur poke dan throwing sheep.

Zuck mengatakan, saat itu pengguna tidak perlu email universitas untuk bisa sign up ke Facebook.

“Meski diciptakan untuk komunitas mahasiswa pada awalnya, bukan berarti kalangan selain mahasiswa tidak bisa mendaftar,” kata Zuck.

Seiring berjalannya waktu, Facebook akhirnya menjadi sorotan dunia. Jejaring sosial tersebut telah berevolusi menjadi raksasa jejaring sosial yang sukses menggandeng lebih dari 1 miliar pengguna.

Facebook profile from 2006

Tak hanya itu, demi menekankan komitmennya di dunia teknologi, Facebook juga telah mengakuisisi beberapa jejaring sosial populer, seperti Instagram dan WhatsApp.

Untuk merayakan momen ulang tahunnya yang ke-13, Facebook juga menyebut hari spesial ini sebagai Hari Pertemanan (Friends Day), di mana keterhubungan menjadi sangat penting dibandingkan dengan sebelumnya.

"Kami akan membagikan beberapa cerita mengenai keterhubungan yang terbentuk dalam komunitas kami, serta meluncurkan produk untuk merayakan pertemanan dan mendorong orang-orang untuk meluangkan waktu mereka untuk dapat terhubung dengan teman-teman mereka," ujar Facebook.

Minggu ini, Facebook telah mengadakan sebuah acara di markas besarnya di Menlo Park, California. Mereka telah menggunakan 'Grup' guna terhubung dengan teman-teman di seluruh dunia untuk membagikan cerita mereka.

Bukan itu saja, Facebook juga merilis Friends Day Video yang sudah dipersonalisasi di bagian atas News Feed pengguna untuk merayakan Hari Pertemanan. Video ini merupakan sebuah kompilasi dari teman-teman Facebook dan memori yang sudah kamu bagikan.

(Jek/Isk)

Artikel Selanjutnya
Top 3: Akun Selebgram Palsu hingga Kantor Facebook di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Bos Telegram Pamer Perut Six Pack, Warganet Meleleh