Sukses

Cari Tahu Ketersediaan Nama Domain, Blog, dan Medsos di Situs Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang baru ingin menjadi blogger atau aktif di media sosial (medsos), hal pertama yang terpikirkan adalah nama dan username yang akan dipakai untuk menjadi 'merek' blog. Meski kedengarannya sederhana, memilih nama blog terkadang tak semudah itu. 

Nah, kali ini tim Tekno Liputan6.com tidak akan membahas cara memilih nama dan username pada blog atau medsos. Tetapi, situs untuk mencari tahu ketersediaan username pada seluruh situs blog atau medsos yang kamu gunakan. 

Dengan begitu, kamu tahu apakah username yang kamu pilih sudah dipakai orang di belahan benua lain, atau di medsos apa saja. Penting untuk diketahui, situs ini juga berguna bagi perusahaan yang ingin mengecek username untuk merek atau produk yang ingin dipromosikan di medsos.

Caranya sangat mudah. Seperti dikutip dari laman Make Use Of, Selasa (7/2/2017), kamu dapat mengeceknya sendiri di situs web "namecheckr". Misalnya, kamu ingin menggunakan username "@caitsena", ketikkan di kolom, lalu tunggu hasilnya.

Doc: namecheckr.com

Seluruh media sosial hingga situs blog akan menampilkan ketersediaan username yang kamu cari. Jika Instagram, Facebook, dan Twitter menampilkan tanda lingkaran merah di pojok kanan atas logo, artinya username yang kamu pilih sudah digunakan orang lain.

Nah, situs atau jejaring sosial yang menampilkan tanda ceklis berwarna hijau, berarti sebaliknya. Artinya, username tersebut masih tersedia atau bisa kamu gunakan. Mudah bukan?

Mengacu pada gambar di atas, saat ini beberapa situs blog atau jejaring sosial yang dapat kamu cek username-nya antara lain: Blogger, Domain (.com), Domain (.net), Domain (.org), Facebook, Flickr, Foursquare, Instagram, Last.FM, Myspace, Pinterest, Reddit, Spotify, Tumblr, Twitter, Vimeo, dan YouTube.

Untuk selengkapnya, kamu dapat mengecek langsung di tautan ini. Selamat mencoba!

(Cas/Isk)

Artikel Selanjutnya
Kacau, 500 Akun Instagram Selebritas Hollywood Dijual di Dark Web
Artikel Selanjutnya
4 Profesi Aneh yang Muncul Gara-Gara Internet