Sukses

Ini Penampakan Kutub Utara Mars yang Mencair Bak Lelehan Cokelat

NASA dan ESA merilis penampakan kutub utara Mars yang mencair bak lelehan cokelat. Seperti apa penampakannya?

Liputan6.com, Jakarta - Sama halnya dengan Bumi, Planet Mars juga memiliki es di kutub utara. Namun, jangan bayangkan lapisan es ini berwarna putih seperti yang sering kita lihat di gambar. Es kutub utara Mars justru berwarna cokelat. 

Hal ini diketahui ini dari beberapa foto yang dipamerkan badan antariksa Amerika Serikat dan Eropa, yakni NASA dan ESA, kepada publik. Foto-foto ini menampilkan rupa es kutub utara Mars saat meleleh. Demikian dilaporkan Tech Times, Selasa (7/2/2017).

Apa yang terkandung pada lapisan es di kutub utara Mars? Menurut informasi yang dirilis ESA dalam situs resminya, lapisan es di kutub utara dan selatan bumi mengandung air, sedangkan kandungan es kutub di Mars justru terdiri dari air dan es kering (frozen carbon dioxide). 

Pada musim dingin Mars, suhunya turun drastis yang memicu 30 persen karbon dioksida mengering, sehingga memunculkan es beku. Sementara di musim panas, sebagian besar es kering ini menjadi atmosfer yang menguap dalam bentuk gas dan hanya meninggalkan lapisan es yang mengandung air.

Penampakan kutub utara Mars yang mencair justru mirip coklat meleleh bukan?

Selain kawasan es, NASA dan ESA juga mengambil gambar kawasan ngarai (canyon) Mars, yakni Chasma Boreale. Jaraknya sepanjang 500 kilometer dan seluas 2 kilometer dari es kutub utara.

Menurut laporan, jurang Chasma Boreale kini semakin lama semakin curam dan dalam. Hal ini disebabkan oleh semakin menumpuknya es dan debu sehingga membentuk sekitar sisi ngarai. Kedalaman canyon Mars ini dilaporkan mencapai 2 kilometer.

Penampakan Chasma Boreale, Canyon di Planet Mars yang dirilis ESA dan NASA. (Doc: Tech Times)

Satu lagi, kawasan berpasir di planet merah ini, juga turut dipamerkan NASA. "Dunes membutuhkan sumber material partikulat agar dapat membentuk (pasir). Sumber dari kawasan pasir utara sekitar kutub mungkin berasal dari lapisan es berdebu yang terkikis oleh angin kutub yang kuat," ungkap NASA.

Bukit pasir yang terbentuk di dekat kawasan es kutub utara Mars.

Seluruh gambar di atas merupakan kompilasi 32 foto yang diambil pada 2004 hingga 2010. Adapun, foto-foto yang diambil ESA menjangkau 1 juta kilometer persegi area di Mars.  

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini