Sukses

Tips Mudah Bersihkan Goresan di Kamera Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mengeluhkan hasil foto kamera smartphone selalu buram, padahal kamera smartphone kamu memiliki kualitas baik? Jika iya, bisa jadi ada yang salah dengan kamera smartphone kamu. Entah itu kotor maupun tergores sesuatu (baret), kamera jadi kesulitan menangkap objek secara fokus.

Penyebabnya pun bermacam-macam. Bisa jadi kamera utama yang terletak di bagian belakang smartphone sering terbentur, atau bisa jadi tergesek saat dimasukkan ke saku celana. Kemungkinan lain, baret tersebut disebabkan gesekan objek yang sangat kecil.

Lantas bagaimana cara membersihkan baret atau goresan yang ada di kamera smartphone? Berikut adalah tips membersihkan baret di kamera smartphone sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari AndroidbeatKamis (9/2/2016).

Adapun percobaan dilakukan menggunakan sebuah smartphone yang kamera belakangnya dianggap mudah tergores, yakni HTC One M8. Untuk menyelesaikan masalah ini, seorang pengguna membawa smartphone tersebut ke pusat servis HTC dan melihat cara kerja orang yang menangani smartphone itu dalam menghapus goresan di kamera.

Terungkap, goresan ada di lapisan bernama "oleophobic coating". Lapisan ini bukan di lensa kamera, sehingga sangat mudah bagi pengguna untuk menghilangkannnya. Tampaknya, cara paling mudah adalah dengan menggunakan pasta gigi. Selain pasta gigi, diperlukan pula alat lain, yakni kapas atau cotton bud. 

Caranya, ambil pasta gigi secukupnya dan oleskan ke lensa belakang kamera secara menyeluruh. Perlu diperhatikan, jumlah pasta gigi yang dioleskan ke kamera belakang tak boleh terlalu banyak. Tujuannya agar tidak meluber dan mengenai bagian belakang smartphone.

Nah, setelah mengoleskan pasta gigi di bagian lensa kamera, pakailah cotton bud untuk meratakan pasta gigi di lensa kamera. Caranya dengan memutar cotton bud searah jarum jam. Selanjutnya, diamkan sejenak.

Setelah selesai, jangan lupa untuk menggunakan kain khusus microfiber serta sedikit air untuk membersihkan sisa pasta gigi yang menempel di lensa kamera smartphoneMudah, bukan? Selamat mencoba!

(Tin/Why)

Artikel Selanjutnya
5 Cara Ampuh Menjaga Makeup Tetap Utuh Saat Berkeringat
Artikel Selanjutnya
Cara Jitu Bikin Foto Bokeh Maksimal di Smartphone