Sukses

Tips Aman Membersihkan Smartphone Android

Membersihkan smartphone tak bisa sembarangan. Kamu perlu melakukan hal ini agar tetap aman saat membersihkan ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Alat-alat elektronik seperti smartphone perlu dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya.

Meski begitu, sifat smartphone yang tak terlalu bersahabat dengan air membuatnya harus dibersihkan dengan sangat hati-hati agar tak merusak fungsinya.

Berikut adalah beberapa tips aman membersihkan smartphone tanpa khawatir merusaknya sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Android Pit, Jumat (10/2/2017).

1. Bersihkan Layar

Layar adalah salah satu bagian paling penting dalam smartphone. Layar sentuh biasanya paling mudah kotor karena paling sering disentuh oleh jari-jari tangan. Penting bagi pengguna untuk membersihkannya secara efektif.

Salah satu cara yang disarankan adalah menggunakan kain microfiber. Kemudian, kamu juga membutuhkan air biasa lantaran lebih aman dan efektif dibandingkan cairan yang mengandung bahan kimia.

Kain microfiber untuk membersihkan layar smartphone (Sumber: Android Pit)

Caranya dengan mengelap layar satu arah dengan kain microfiber dan sedikit air. Jika telah selesai, jangan lupa menggunakan bagian kering dari kain untuk menghilangkan sisa air dari layar. Jangan lupa untuk mematikan smartphone jika kamu membersihkannya dengan air.

Layar ponsel adalah bagian paling penting dari smartphone kamu (Sumber: Android Pit)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membersihkan Bodi Smartphone

2. Bersihkan Bodi Smartphone

Membersihkan bodi smartphone perlu dilakukan dengan hati-hati. Salah satunya dengan cotton bud yang sedikit dicelupkan ke larutan alkohol encer.

Tujuannya untuk membersihkan bodi ponsel dari debu dan kotoran kering yang melekat. Tidak disarankan untuk menggunakan pembersih rumah tangga atau disinfektan untuk membersihkan bodi smartphone sebab bisa menodai dan merusak smartphone kamu.

Gunakan cotton bud untuk membersihkan bodi smartphone (Sumber: Android Pit)

Untuk membersihkan lubang speaker dan port headphone bisa menggunakan tusuk gigi atau paperclip. Kamu harus melakukannya dengan sangat hati-hati agar tidak merusak bagian tersebut. Untuk membersihkan bagian casing, kamu bisa menggunakan campuran air dan cuka putih untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Jika kamu tak yakin, pembersihan casing dari bahan logam juga bisa dilakukan dengan mengelap menggunakan air biasa agar perangkat tetap aman. Jika casing ponsel terbuat dari bahan kulit, kamu bisa membersihkannya dengan pembersih kulit.

Perhatikan bahan bodi smartphone untuk pembersihan yang tepat (Sumber: Android Pit)

3 dari 3 halaman

Tips Memelihara Ponsel

3. Tips Pemeliharaan
Selain proses pembersihan, ada beberapa tips perawatan sehari-hari yang akan membuat smartphone atau tablet tetap sehat. Mirip dengan memelihara mobil agar kondisinya tetap layak jalan.

Pertama, kamu perlu memperhatikan suhu minimum dan maksimum untuk ponsel. Pastikan kamu tak membawa smartphone ke tempat dengan suhu ekstrim. Misalnya tak sengaja memasukkan ponsel ke lemari es, menaruh ponsel di dekat kompor, dan lain-lain karena bisa memicu kerusakan permanen pada handset.

Menggunakan case ponsel bisa melindungi dari goresan, tapi harus diperhatikan kesesuaiannya dengan smartphone (Sumber: Android Pit)

Demikian juga dengan case dan pelindung layar. Meski tujuannya jelas agar membuat ponsel tak tergores, pastikan case dan pelindung layar yang dibeli sesuai dengan jenis ponsel. Saat pengisian daya ponsel, alangkah lebih baik kalau kamu membuka case ponsel untuk mencegah suhu terlalu tinggi.

Usahakan membuka case ponsel saat mengisi daya (Sumber: Android Pit)

Terakhir, kamu harus berhati-hati saat memegang ponsel, jangan sampai terjatuh terbentur benda keras maupun masuk ke dalam air mengingat tidak semua ponsel memiliki dukungan ketahananan terhadap air.

Jangan lupa mencuci tangan setelah menyiapkan makanan atau menanam tanaman di taman rumah. Kotoran sekecil apapun rupanya berpotensi membuat perangkat mengalami kerusakan.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini