Sukses

Menyelami Kode @[4:0] di Kolom Komentar Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti pernah melihat status, komentar atau gambar yang memuat tulisan, yang memancing kamu untuk melakukan apa yang disebutkan di tulisan itu.

Contohnya tulisan berikut ini:

"Tuliskan @[4:0] di kolom komentar. Kalau muncul nama Mark Zuckerberg, akun kamu berarti aman. Namun kalau muncul nama lain, berarti kamu mesti memeriksa keamanan akun kamu."

Selain memancing pembaca, tulisan di atas juga terlihat "menyeramkan". Mungkin sebagian di antara kamu, ketika membaca tulisan itu, langsung bertanya-tanya, "Akun saya aman gak ya? Coba kode ini ah."

Nah, sebetulnya '@[4:0]' bukanlah kode untuk mengecek keamanan akun Facebook. Penjelasannya cukup sederhana.

Angka '4' di kode itu merujuk pada User ID akun Facebook milik Mark Zuckerberg. Perlu bukti? Coba buka tautan https://www.facebook.com/profile.php?id=4.

Seketika kamu akan diarahkan ke akun Facebook Mark Zuckerberg. Oleh sebab itu, ketika kamu mengetik kode itu di kolom komentar secara tepat, otomatis yang muncul ya nama suami dari Priscilla Chan tersebut. Demikian dikutip dari Hack Read, Rabu (8/2/2017).

Dulu, kode tersebut bukan hanya menampilkan nama pemilik akun, tetapi juga menandai (tag) akun tersebut. Namun belum lama ini Facebook telah memperbaikinya, sehingga kode itu kini memunculkan nama akun saja tanpa menandainya.

Jadi, jelas sekali bahwa '@[4:0]' sama sekali tak ada kaitannya dengan keamanan atau peretasan.

Lalu, kalau kamu penasaran mengapa User ID Mark Zuckerberg sebagai founder dan CEO Facebook angka '4', bukan angka '1'.  

Perlu kamu ketahui, User ID dengan angka '1', '2', dan '3' digunakan sebagai akun percobaan untuk menguji registrasi dan menambal sejumlah bugs yang ditemukan saat itu. Hal ini diungkapkan oleh Dustin Moskovitz, salah seorang Co-founder Facebook.

(Why/Cas)