Sukses

Catat 3 Langkah Jitu Dapat 'duit' dari Menulis

Liputan6.com, Jakarta 'Blogger" atau "Ngeblog' mungkin sudah tak asing bagi sebagian orang. Ya, blog merupakan salah satu hadiah dari kemajuan dunia internet saat ini. Situs blog menawarkan kenyamanan bagi pengguna untuk menulis dengan mempunyai halaman situsnya sendiri.

Pengguna bisa menulis kegiatan sehari-hari, bercerita mengenai suatu peristiwa atau membuat artikel usai travelling. Tak hanya menyalurkan hobi menulis, blog pun bisa menjadi ladang uang bagi mereka yang mampu membuat blog-nya menjadi bacaan menarik, Michael Arrington misalnya.

Dilansir dari laman moneyandmatters.com, Senin (26/9/2016), pria berkebangsaan Amerika Serikat itu menghasilkan US$ 700 ribu atau Rp 9,1 miliar per bulan melalui blog. Ia mengupas berbagai berita terbaru tentang teknologi informasi.

Selain Michael ada nama lainnya, seperti Pete Cashmore. Pria pemilik blog mashable.com ini mendapatkan hasil US$ 500 ribu atau setara dengan Rp 6,5 miliar per bulan. Dalam blog miliknya, Pete membahas mengenai dunia hiburan, gaya hidup, dan teknologi.

Tak hanya blogger Internasional saja, blogger nasional pun sudah ada yang terkenal, Didno misalnya. Mulai tahun 2009 ia fokus menulis blog di bidang teknologi dan informasi.

Ketiga blogger tersebut berhasil menjadi contoh bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan hanya dari menulis di blog. Nah, bagi Anda yang ingin seperti mereka tidak ada salahnya untuk mencobanya menulis mulai sekarang. Berikut tips mudah bagi Anda yang ingin menulis blog.

Tema

Sebelum menulis, alangkah baiknya Anda menyiapkan tema terlebih dahulu. Pikirkan tema yang ingin Anda ambil. Lebih baik pilih tema sesuai kesukaan Anda. Hal itu bisa membuat Anda semakin nyaman dalam menulis.

Ingat, Tema adalah intisari keseluruhan dari tulisan Anda nantinya yang akan ditulis. Anda bisa mengulas mengenai gadget, makanan atau tentang travelling. Ingat, pilih dahulu sesuai yang ingin Anda tulis.

Judul

Dalam membuat tulisan hal utama yang bakal dilirik kebanyakan orang adalah judul atau headline. Maka dari itu, buatlah judul yang menarik agar pembaca banyak yang melirik.

Timbulkan rasa keingintahuan kepada pembaca, sehingga mereka berhasrat untuk mengetahui tulisan lebih lanjut.

Bagikan

Setelah tulisan Anda telah selesai, ada baiknya Anda share link blog ke beberapa media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Hal itu akan membuat artikel Anda di blog bisa dibaca oleh teman-teman Anda.

Namun, kalau dirasa tulisan Anda menarik, bisa pula diikutsertakan dalam sebuah kompetisi, Jagoan Nulis UC News misalnya. Dalam event tersebut, Anda hanya perlu menulis artikel dan bergabung dengan tim atau membuat tim sendiri. Jika menang, Anda akan mendapatkan uang senilai Rp. 100 juta. Wow

Jagoan Nulis UC News

Menariknya, apabila tim Anda mendapatkan jumlah view tertinggi, maka akan mendapatkan hadiah.

Selain keuntungan tersebut, anda pun berkesempatan mendapatkan jumlah pengunjung ke halaman website blog menjadi lebih banyak. Hal itu dikarenakan link pada blog Anda dicantumkan dalam artikel yang dimuat pada platfrom tersebut.

Tak hanya kedua benefit itu saja. Seiring Anda rajin menulis di UC News, hal itu akan menambah skill Anda dalam menulis yang berkualitas. Ayo buruan nulis!

Artikel Selanjutnya
3 Trik Pintar Buat Anda Terus Tertarik Membaca Buku
Artikel Selanjutnya
Mahasiswa, Ini Cara Tambah Uang Saku Tanpa Harus Minta Orang Tua