Sukses

Android Wear 2.0 Resmi Dirilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat mengalami perubahan jadwal rilis, Google akhirnya secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru wearable device, yaitu Android Wear 2.0. Sistem operasi yang diperkenalkan pada gelaran Google I/O 2016 itu hadir dengan sejumlah fitur anyar.

Salah satu perubahan besar dilakukan Google pada peningkatan kemampuan layar always-on pada tampilan depan smartwatch. Kini, pengguna dapat mengisi layar always-on dengan info dan opsi dari beragam aplikasi.

Aplikasi bawaan seperti Google Fit juga mendapatkan sejumlah peningkatan kemampuan. Aplikasi fitness tracker ini sekarang bisa merekam jejak, jarak, kalori yang terbakar, dan detak jantung dari beragam aktivitas.

Sebagai tambahan, Android Wear 2.0 juga dibekali dengan konektivitas seluler. Karena itu, perangkat yang menjalankan sistem operasi ini dapat dioperasikan secara lebih mandiri dan tak bergantung pada smartphone.

Google juga menyediakan toko aplikasi sendiri untuk sistem operasi tersebut. Jadi, pengguna dapat langsung mengunduh sejumlah aplikasi Android Wear langsung dari smartwatch-nya.

Fitur lain yang juga dihadirkan raksasa mesin pencari itu pada Android Wear 2.0 adalah Google Assistant. Asisten virtual ini memang baru mendukung bahasa Inggris dan Jerman, tapi dalam beberapa bulan ke depan daftar bahasa yang tersedia akan ditambah.

Kehadiran fitur ini disebut akan sangat membantu, karena tak diperlukan perintah melalui sentuhan. Pengguna cukup memberikan perintah suara dan pengalaman menggunakan Android Wear 2.0 lebih efisien.

Google sendiri sudah mengumumkan perangkat yang akan mendapat pembaruan ke Android Wear 2.0. Berikut ini daftar smartwatch yang dipastikan bisa diperbarui seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (9/2/2017):

1. ASUS ZenWatch 2 & 3
2. Casio Smart Outdoor Watch, Casio PRO TREK Smart
3. Fossil Q Founder, Fossil Q Marshal, Fossil Q Wander
4. Huawei Watch
5. LG Watch R, LG Watch Urbane and 2nd Edition LTE
6. Michael Kors Access Smartwatches
7. Moto 360 2nd Gen, Moto 360 for Women, Moto 360 Sport
8.New Balance RunIQ
9. Nixon Mission
10. Polar M600
11. TAG Heuer Connected

(Dam/Cas)

Artikel Selanjutnya
Essential Phone Dipastikan Segera Sambangi Konsumen
Artikel Selanjutnya
Razer Bakal Rilis Smartphone Khusus untuk Hardcore Gamer