Sukses

Tanya Tekno: Pilih 4G Only, Kenapa Tak Bisa Telepon dan SMS?

Liputan6.com, Jakarta - Halo, Tekno Liputan6.com! Nama saya Rendhyka Nur Ikhsan. Saya pengguna Asus Zenfone 3 Max. Kenapa bila saya pilih jaringan 4G only, terjadi hal berikut:

1. Nomor SMSC di pengaturan SMS otomatis hilang. Saya tidak bisa mengirim dan menerima pesan SMS.

2. Panggilan telepon keluar dan masuk juga terimbas.

Mohon sharing penjelasannya. Terima kasih!

___

Halo, Rendhyka! Terima kasih banyak atas pertanyaannya. 

Di ponsel Android memang ada setelan 4G only. Setelan ini bisa ditemukan di *#*#4636#*#*. Jika setelan itu dipilih, ponsel kita ya hanya akan menerima jaringan 4G (LTE). 

Nah, perlu kamu ketahui, rata-rata jaringan 4G (LTE) operator seluler di Indonesia untuk saat ini baru bisa digunakan untuk data internet saja, belum semuanya kompatibel dengan layanan SMS dan panggilan telepon biasa (voice call). Jadi, saat ponsel ada di setelan 4G only, otomatis ponsel hanya bisa digunakan untuk layanan internet, tidak bisa untuk SMS dan panggilan telepon biasa.

Sejauh yang kami ketahui, baru Smartfren saja yang merilis VoLTE (Voice over LTE, layanan panggilan telepon dengan memanfaatkan jaringan 4G LTE) bagi penggunanya. Itu pun tergantung pada perangkatnya, apakah memang sudah mendukung persyaratan teknis tertentu untuk bisa menikmati VoLTE ini, atau tidak. Adapun operator-operator lainnya masih dalam tahap uji coba.

Kemudian kekurangan lain dari setelan 4G only adalah bila daerah di mana ponsel kamu berada, tidak ada cakupan jaringan 4G (LTE), indikator sinyal dan jaringan di ponsel kamu akan blank! 

Kok bisa blank? Ya jelas blank, karena setelan yang dipilih 4G only, sedangkan jaringannya saja tidak ada. Lain halnya kalau setelan yang dipilih adalah otomatis antara 4G, 3G, atau 2G, sehingga ponsel akan menyesuaikan dengan cakupan jaringan di sekitarnya.

Demikian penjelasan dari kami. Semoga membantu!

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why)

Artikel Selanjutnya
Menkominfo: Operator Ogah Konsolidasi, Saya Cabut Izinnya
Artikel Selanjutnya
Top 3: 5 Gim Seru di Smartphone hingga Microsoft Paint Tutup Usia