Sukses

iPhone 8 Bakal Usung Konsep Touch Bar?

Seorang desainer gadget juga telah merancang konsep desain iPhone terbaru dengan Touch Bar ala MacBook Pro. Seperti apa wujudnya?

Liputan6.com, California - iPhone 8 bisa saja hadir dengan beberapa fitur baru. Wajar, mengingat iPhone ini adalah smartphone edisi khusus perayaan peluncuran iPhone yang ke-10 tahun, jadi Apple sudah pasti menyiapkan beragam fitur mutakhir untuk iPhone 8.

Rumor terbaru seputar iPhone 8 menyebutkan, smartphone itu akan hadir dengan salah satu fitur yang diusung MacBook Pro edisi 2016, yaitu Touch Bar. Rencananya, Touch Bar akan menggantikan tombol Home yang posisinya ada di bawah layar iPhone.

Seorang desainer gadget Thadeu Brandão bahkan sudah lebih dulu merancang konsep desain iPhone 8 dengan Touch Bar. Seperti dilansir The Next Web, Minggu (12/2/2017), Touch Bar yang ada di iPhone tersebut sama persis seperti fungsi Touch Bar MacBook Pro.

Jadi, pengguna tak hanya menggunakan tombol Home sebagai pemindai sidik jari, namun juga menggunakannya sebagai tool navigasi.

Sebagai informasi, Touch Bar merupakan layar sentuh dengan kemampuan 10-point multitouch yang diletakkan di atas keyboard. Fitur ini menggantikan function keys yang sebelumnya ada di keyboard Mac.

Untuk mendukung fitur anyar ini, Apple telah menyiapkan Antarmuka Pemograman Aplikasi yang menyeluruh bagi pengembang pihak ketiga. Jadi, para pengembang dapat memanfaatkan Touch Bar untuk memperkaya kontrol dan tampilan dari aplikasi yang dikembangkan.

Salah satu contoh yang diberikan ketika Touch Bar pertama kali diperkenalkan adalah pengguna dapat melakukan penyuntingan video cukup dari layar tersebut. Hanya melalui sapuan jari, pengguna dapat memilih emoji dalam percakapan atau melihat deretan foto tanpa perlu menavigasikannya langsung di layar MacBook.

Meski begitu, desain tersebut hanyalah sebuah konsep. Apakah Apple kelak akan mengadopsi Touch Bar sebagai fitur iPhone 8 atau tidak, semua masih jadi misteri.

iPhone 8 digadang-gadang menjadi versi premium iPhone. Selain seri tersebut, kabarnya Apple akan merilis tiga versi iPhone pada tahun ini, yaitu iPhone 7s, iPhone 7s Plus dan iPhone 8. Dari ketiganya, hanya iPhone 8 yang akan memiliki panel OLED. Sementara, dua lainnya melenggang dengan layar LCD.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini