Sukses

Ditinggal Hugo Barra, Bagaimana Xiaomi Global Sekarang?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Vice President International Xiaomi Hugo Barra membuat keputusan mengejutkan. Dalam laman Facebook miliknya, pada akhir Januari lalu Barra mengumumkan undur diri dari Xiaomi.

Lantas, CEO Xiaomi Lei Jun mengumumkan bahwa posisi penting Barra sebagai sosok yang memperkenalkan brand Xiaomi ke pasar global digantikan oleh orang dalam perusahaan. Pengganti Barra adalah Senior Vice President Wang Xiang.

Tak menunggu lama, Wang langsung datang Indonesia pada Jumat (10/2/2017) untuk mengumumkan pada para fans Xiaomi bahwa smartphone Tiongkok itu telah bermitra dengan PT Erajaya Swasemba dan PT Sat Nusapersada untuk membuat ponsel 4G buatan Indonesia. 

Dalam sebuah sesi wawancara ekslusif yang diikuti Tekno Liputan6.com usai acara bertajuk 'KaMi Buatan Indonesia', Wang menceritakan kondisi Xiaomi Global pasca kepindahan Barra ke Facebook.

"Barra yang berkarier di Xiaomi selama 3,5 tahun memiliki tugas untuk membawa Xiaomi ke pasar global. Sementara, saya yang bergabung dengan Xiaomi pada 2015 juga memiliki tugas untuk menjalankan bisnis Xiaomi di pasar internasional," kata Wang.

Wang berujar, selama 3,5 tahun berkarier di Xiaomi, Barra mendukung bisnis Xiaomi di India. "Tapi tak hanya di India, kami juga memiliki tim yang menyokong bisnis Xiaomi di luar India, salah satunya untuk pasar Indonesia," ujar Wang bercerita.

Ia menceritakan, tim yang dimiliki Xiaomi untuk mengurus bisnis internasional Xiaomi ini beranggotakan profesional yang usianya masih muda dan sangat bersemangat bekerja. Salah satunya adalah Xiaomi Head of Southeast Asia and Country Head of Indonesia Steven Shi Yan.

Dalam profilnya, disebutkan bahwa Shi Yan pernah menjabat sebagai Head of Product Huawei Singapura dan Consumer BG Country Manager Huawei Selandia Baru. Tak hanya itu, ia juga punya pengalaman dalam penjualan ponsel baik di Tiongkok maupun pasar global seperti Asia Tenggara dan Pasifik Selatan.

Wang pun menyebutkan, "dengan kepergian Barra, kami tidak melihat dampaknya ke bisnis perusahaan karena kami punya tim yang kuat dan beranggotakan orang-orang muda dan sangat energik. Oleh karenanya, kami yakin akan tetap sukses di manapun."

Sebagai pengganti Barra, Wang bukan orang baru di dunia teknologi. Ia sudah malang melintang di industri selama 20 tahun. Sebelum di Xiaomi, Wang pernah berkarier di Qualcomm selama 13 tahun. Ia juga pernah menjabat sebagai Senior Vice President serta President of Qualcomm untuk Tiongkok.

Wang juga pernah menjabat sebagai senior manajemen bidang pemasaran dan penjualan di beberapa perusahaan seperti Motorola dan Lucent/ Agere.

(Tin/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Jual 25 Juta Unit Smartphone di India
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Smartphone Tiongkok Menggurita, Vendor Lokal Terjepit?