Sukses

Google Bakal Hapus Launcher Besutannya dari Play Store

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan akan segera menarik launcher besutannya sendiri, Google Now Launcher, dari Play Store. Informasi ini diketahui dari pesan yang dikirimkan oleh raksasa mesin pencari itu ke sejumlah Google Mobile Service (GMS) rekanan.

Rencananya, aplikasi itu akan mulai dihapus dari Play Store pada awal kuartal pertama tahun ini. Apabila sesuai jadwal, Google Now Launcher dipastikan tak ada lagi di toko aplikasi Android pada Maret 2017.

Google bukannya tanpa alasan menarik aplikasi tersebut dari Play Store. Kehadiran Google Now yang kini bisa diintegrasikan dengan launcher dari pihak ketiga membuat perusahaan itu merasa tak perlu lagi menghadirkan launcher terpisah.

Kendati demikian, pengguna yang sudah memasang Google Now Launcher di perangkatnya tak perlu khawatir. Google memastikan pengguna yang sudah memilikinya, masih terus dapat menggunakan launcher itu.

Google juga berencana tetap memberikan pembaruan pada fitur pencarian untuk pengguna yang masih memakai launcher. Namun seperti dikutip dari Android Autorithy, Minggu (12/2/2017), GMS rekanan tak bisa menyertakan launcher ini pada produk yang rilis setelah Maret 2017. 

Sebagai informasi, Google Now Launcher baru diperkenalkan pada Februari 2014. Launcher ini sebenarnya menawarkan tampilan yang sama dengan stock ROM Android tanpa modifikasi.

Salah satu fitur unggulan dari launcher ini adalah integrasi dengan Google Now yang dapat langsung diakses. Meskipun resmi dihapuskan, Google telah memiliki launcher lain yang diberi nama Pixel Launcher dan digunakan untuk Pixel dan Pixel XL. 

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
Hampir 6 Ribu Penduduk Indonesia Daftar Jadi Warga Luar Angkasa
Artikel Selanjutnya
Dirombak Ulang, Begini Tampilan Ponsel Lawas Nokia 'Daun'