Sukses

Ini Daftar 10 Ponsel Paling Inovatif di Masanya, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi ponsel tak dimungkiri terus berkembang. Hampir setiap tahun, sejumlah perusahaan selalu menghadirkan produk ponsel terkini dan dibarengi dengan sejumlah fitur terbaru.

Namun, tahukah kamu bahwa inovasi ponsel sebenarnya tak datang begitu saja? Beberapa di antaranya tak dapat ditampik berasal dari sejumlah ponsel pendahulu, sehingga dianggap sebagai ponsel yang berpengaruh dan inovatif di masanya.

Lantas, ponsel apa saja yang dianggap sebagai produk berpengaruh dan inovatif sampai saat ini? Berikut ini Tekno Liputan6.com memberikan daftar ponsel paling berpengaruh sampai saat ini seperti dikutip dari The Guardian, Senin (13/2/2017)

1. Motorola DynaTac (1984)

Motorola DynaTAC, perangkat yang disebut-sebut sebagai cikal bakal ponsel modern (sumber: engadget.com)

Produk ini dapat disebut sebagai pelopor ponsel modern yang ada saat ini. DynaTAC merupakan ponsel pertama yang pernah dibuat dan rilis pada 1984.

Perangkat ini memerlukan waktu 10 jam untuk pengisian daya dan hanya dapat digunakan untuk menelpon selama 30 menit. Produk yang dibanderol US$ 4.000 (Rp 53 juta) pada saat rilis atau sekitar US$ 9.500 (Rp 126 juta) dengan kurs saat ini hanya mampu menampung 30 nomor kontak.

2. Motorola StarTAC (1996)

Motorola StarTAC

Ponsel ini merupakan produk pertama yang mengusung desain clamshell untuk pertama kalinya. Kehadiran ponsel ini sekaligus membawa era baru dalam ponsel dengan desain lebih ringkas dan dapat dilipat.

StarTAC yang ketika rilis dibanderol dengan harga US$ 1.000 (Rp 13 juta) ini sukses menarik perhatian publik. Bahkan, produk ini kerap muncul di serial TV atau film pada saat itu.

1 dari 3 halaman

Nokia Communicator

3. Nokia Communicator (1996)

Nokia Communicator

Nokia Communicator dapat dikatakan sebagai smartphone perdana yang dirilis. Spesifikasi dan fitur pada ponsel ini disebut-sebut jauh melampaui kemampuan ponsel lain pada masanya.

Ponsel ini sudah memiliki memori internal 8MB. Selain itu, ponsel ini juga bisa digunakan untuk berkirim email dan menjelajah internet. Satu hal yang tak dimiliki ponsel ini adalah kehadiaran sejumlah aplikasi tambahan.

4. Nokia 6210 (2000)

Nokia 6210 (sumber: theguardian.com)

Nokia 6210 merupakan salah satu ponsel yang begitu diminati pada masanya. Bahkan, ada beberapa pengguna disebut-sebut masih menggunakannya hingga saat ini.

Menyoal desain, tampilan 6210 memang terbilang cukup standar. Hanya ada sedikit kustomisasi yang dapat dilakukan pengguna, tapi nyatanya ponsel ini mampu bertahan lama dengan dirilisnya sejumlah penerus. 

5. Nokia 3310  (2000)

Nokia 3310 masih bisa dipakai untuk main Snake 2 (Photo: Hull Daily Mail)

Penerus Nokia 3210 ini memang bisa disebut berhasil mencuri perhatian dunia ketika rilis. Bagaimana tidak, ponsel ini memiliki cover yang dapat diganti (Xpress-On) dan modus getar-sunyi yang belum ditemukan di ponsel lain saat itu.

Selain itu, ponsel ini juga yang pertama kali menggabungkan tiga pesan SMS ke dalam sebuah pesan panjang. Kehadiran gim seperti Snake II dan Space Impact juga membuat ponsel ini begitu diidolakan.

6. Treo 180 (2002)

Treo 180 (sumber: computerhistory.org)

Ponsel ini merupakan salah satu smartphone yang sudah hadir dengan sistem operasi, yakni PalmOS. Memiliki desain ponsel lipat, Treo 180 sudah juga mendukung layar sentuh monokrom.

Tak hanya itu, ponsel ini juga sudah bisa menjalankan aplikasi. Ada sekitar 18 lebih model lain dari Treo, sebelum akhirnya Treo digantikan oleh model Palm Pre pada 2009.

2 dari 3 halaman

Motorola Razr

7. Motorola Razr (2004)

Motorola Razr, benarkah Lenovo bakal menghadirkannya kembali? (CNET).

Mungkin generasi 2000-an tak lagi menyangsikan bahwa Motorola Razr merupakan ponsel lipat terbaik yang pernah dirilis. Ponsel ini tak sekadar mengusung tampilan ponsel lipat biasa, tapi juga desain yang ciamik.

Motorola Razr memiliki tampilan desain yang lebih langsing ketimbang pendahulunya, belum lagi cangkang metal dan layar berwarna. Bahkan, ponsel ini sudah dilengkapi port mini USB untuk pengisian daya dan mendengarkan musik.

8. Blackberry Curve (2007)

BlackBerry Curve (sumber: cnet.com)

Ada dua smartphone penting yang rilis pada 2007. Salah satunya adalah BlackBerry Curve seri 8300. Perangkat ini mengusung desain yang tak jauh berbeda dari pendahulunya, yakni BlackBerry Pearl.

Sejumlah fitur yang hadir pada perangkat ini adalah keyboard fisik penuh, navigasi roller ball, dan kamera built-in. Seri Curve sendiri terus berlanjut hingga 2011.

9. iPhone (2007)

iPhone 3GS yang diperkenalkan pada tahun 2009 ini memiliki desain yang tak berbeda jauh dari pendahulunya

Tak diragukan, iPhone merupakan smartphone paling penting dalam satu dekade terakhir. Perangkat ini sudah memakai layar sentuh kapasitif yang kemudian menjadi tren perusahaan lain.

Kehadirannya juga memunculkan model ekonomi baru berbasikan aplikasi. Hal itu mendorong bisnis Apple ke tingkat lebih tinggi, baik dari sisi monetisasi, teknologi, dan budaya.

10. Samsung Galaxy Note 7 (2016)

Samsung Galaxy Note 7 dalam berbagai varian warna (Sumber: Phone Arena)

Meskipun bermasalah, inovasi pada smartphone ini sebenarnya tak bisa dipandang sebelah mata. Samsung memang masih memakai desain khas Galaxy Note pada perangkat ini, tapi sejumlah pembaruan fitur anyar tetap dihadirkan.

Salah satunya adalah kemampuan pemindaian iris mata untuk keperluan keamanan. Desain layar lengkung yang simetris, dari sisi atas dan bawah, ditambah fitur anti-air termasuk saat digunakan dengan stylus merupakan fitur anyar dari phablet ini. 

(Dam/Ysl)