Sukses

Kode Ini Dapat Ketahui Penyadapan di Smartphone Kamu?

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan penyadapan terhadap Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono sempat menjadi topik hangat di kalangan masyarakat Indonesia. 

Namun penyadapan sebetulnya bukanlah isu baru di dunia telekomunikasi. Kendati demikian, isu ini masih menuai silang pendapat dari banyak pihak. 

Terlepas dari hal tersebut, banyak beredar informasi yang menyebutkan pengguna smartphone dapat mengetahui apakah dirinya sedang disadap atau tidak dengan cara mengetik kode *#62# di smartphone miliknya.

Sebelum kamu menjadi paranoid, ada penjelasan sederhana apa arti kode tersebut. Kode *#62# bukanlah kode yang digunakan untuk mengecek apakah smartphone kamu disadap atau tidak.

Kode tersebut merujuk kepada informasi nomor telepon kotak suara yang dituju, bila smartphone kamu tidak dapat dihubungi atau lebih dikenal sebagai fitur Call Forwarding. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com saat mencoba kode ini, informasi yang muncul akan berbeda-beda, tergantung pada operator seluler yang digunakan.

Bila masih khawatir, kamu dapat menonaktifkan fitur Call Forwarding di smartphone yang kamu gunakan. Bagi pengguna Android, kamu bisa matikan fitur ini dengan masuk ke Settings > Call Settings > Call Forwarding. Sementara di iPhone kamu bisa masuk ke menu Settings > Phone > Call Forwarding.

(Ysl/Why)

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya
Artikel Selanjutnya
6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih