Sukses

Cara Munculkan Opsi Hibernate di Windows 10

Bagaimana bila ada cara lebih mudah dan cepat untuk mematikan PC atau notebook yang sedang kamu gunakan? Berikut adalah tips singkatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar pengguna Windows, menutup setiap file dan program yang dijalankan, merupakan sebuah keharusan sebelum mematikan PC atau notebook. Namun, bagaimana bila ada cara lain yang dapat kamu gunakan dan lebih mudah untuk melakukan hal tersebut. 

Salah satu fitur yang Microsoft tawarkan adalah modus Sleep dan Hibernate. Ketimbang harus menutup program dan file satu per satu, pengguna dapat dengan mudah 'mematikan' PC atau notebook dengan satu tombol.

Namun, Microsoft menghilangkan opsi modus tersebut saat meluncurkan update Windows 10. Kabar baiknya, kamu dapat dengan mudah memunculkan kembali opsi pilihan itu.

Apa itu Hibernate?

Hibernate merupakan gabungan modus Shut Down dan Sleep yang didesain khusus untuk pengguna laptop. Saat memilih opsi Hibernate, PC kamu akan secara otomatis menyimpan keadaan PC kamu--seluruh program dan dokumen yang sedang dibuka--ke hard disk dan kemudian mematikan PC kamu.

Saat kembali dinyalakan, seluruh program dan dokumen yang sudah dibuka sebelumnya, akan muncul kembali. Demikian dikutip dari laman PCWorld, Selasa (14/2/2017).

Cara Memunculkan Kembali Hibernate

Nah, setelah kamu sudah mengetahui fungsinya, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara untuk memunculkan opsi Hibernation.

Klik ikon Cortana/kotak pencarian di taskbar dan ketik Power Options. Hasil pertama yang kamu temukan adalah pengaturan Control Panel dengan nama yang sama. Klik Power Options.

Tips Windows 10, akses Power Options via Control Panel. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Setelah diklik, akan muncul jendela Control Panel, pilih "Choose what the power buttons do" yang ada di bagian sisi kiri jendela.

Tips Windows 10, pilih Choose what the power buttons do. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Di jendela berikutnya, klik tautan bertuliskan "Change Settings that are currently unavailable". Gulir jendela ke bawah untuk menemukan menu Shutdown settings. Klik kotak yang ada di samping Hibernate, dan klik Save changes. Selesai.

Tips Windows 10, pilih Change Settings that are currently unavailable. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Untuk melihat apakah kamu berhasil memunculkan kembali opsi Hibernate, kamu bisa klik ikon Windows > Power dan akan ada opsi Hibernate di bawah Sleep.

Tips Windows 10, beri centang kotak di samping Hibernate. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba!

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini