Sukses

Akhir 2017, Berlian Bakal Dipakai untuk Layar Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Berlian dikenal merupakan material yang kuat dan tahan terhadap berbagai goresan meski telah dijatuhkan dengan cara sedemikian rupa. Ketahanan berlian yang melebihi safir inilah yang membuatnya akan digunakan sebagai material untuk layar smartphone.

Kemungkinan, ponsel dengan layar yang terbuat dari bahan berlian ini akan melenggang pada akhir tahun 2017.

Proses pembuatan layar ponsel dari bahan berlian akan dilakukan oleh Akhan Semiconductor. Akhan Semiconductor dikenal sebagai perusahaan yang menggunakan berlian untuk produk-produk elektronik.

Menurut CEO Akhan Semiconductor Adam Khan sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNET, Selasa (14/2/2017), penggunaan berlian untuk layar ponsel bakal membuatnya lebih kuat, kokoh, dan bersih dibandingkan bahan lainnya.

Khan berkata, perusahaan telah mengadakan perbincangan dengan pembesut ponsel terkenal. "Akhan hanya akan memilih satu perusahaan manufaktur ponsel dan satu untuk produk wearable," kata Khan.

Hal ini dilakukan agar menjadi satu nilai jual untuk sebuah merek ponsel. Sehingga ponsel tersebut jadi sesuatu yang eksklusif.

Sebagaimana diungkapkan analis Ben Stanton, "teknologi layar ponsel merupakan sesuatu yang marketable. Kebanyakan vendor smartphone berjuang mencari nilai jual dari perangkatnya, terutama dari sisi hardware yang digunakan."

Ilustrasi berlian. (Sumber diamondhedge.com)

Akhan Semiconductor punya rencana untuk membesut 10-30 juta layar ponsel dari bahan berlian. Sementara untuk layar perangkat wearable seperti smartwatch dan gelang fitness hanya akan dibuat kurang dari satu juta unit.

Sebagai perbandingan, Apple telah menjual 78,3 juta iPhone hingga akhir Desember 2016. Oleh karenanya, kemungkinan kesepakatan ini bukan ditawarkan kepada perusahaan seperti Apple, namun pada perangkat yang lebih spesial.

Perlu diketahui juga bahwa kemungkinan besar, harga dari layar berbahan berlian bakal lebih mahal dari material lainnya seperti kaca standar atau Gorilla Glass. Meski begitu, Khan yakin tak ada yang ingin layar ponselnya tergores atau membayar mahal untuk memperbaiki layar. Ia percaya diri untuk menjual layar smartphone yang terbuat dari bahan berlian.

"Orang-orang enggan membayar Rp 1,72 juta untuk memperbaiki layar ponselnya," kata Khan.

(Tin/Cas)