Sukses

Canggih, Roket NASA Mampu Bentuk Awan Buatan

Liputan6.com, California - Dua roket NASA mengusung teknologi yang mampu membentuk awan buatan. Roket bernama Black Brant IX tersebut nantinya akan diterbangkan dalam sebuah misi yang berlangsung mulai Senin (13/2/2017) hingga Jumat (3/3/2017) mendatang.

Dilansir dari Engadget, Selasa (14/2/2017) Black Brant IX akan membentuk awan dalam jarak 60 hingga 100 mil di atas permukaan Bumi. Wahana tersebut nantinya akan mengeluarkan sejumlah komponen terbuat dari trimethyl aluminium, yang akan bereaksi dengan atmosfer dan memproduksi bola-bola berwarna putih seperti awan.

Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut mengatakan, komponen trimethyl aluminium ini diklaim aman dan tidak akan menciptakan polusi udara ketika dikeluarkan dari roket.

"Trimethyl alumnium akan bereaksi dengan oksigen ketika terekspos di atmosfer. Komponen ini mengandung reaksi aluminium oksida, karbondioksida, dan cairan air yang juga terkandung di atmosfer. Semuanya aman dan kami telah lakukan uji coba pada 4 Juli 2016 lalu," jelas NASA.

Rencananya, kedua roket itu akan diluncurkan pada rentang waktu 11 malam hingga 4 pagi di Poker Flat Research Range, Alaska. NASA pun akan mengabadikan momen terbentuknya awan buatan dengan kamera beresolusi tinggi, jika kedua roket sudah meluncur.

(Jek/Why)