Sukses

Cara Mudah Lacak Lokasi Smartphone Orang Lain

Liputan6.com, Jakarta - Melacak lokasi orang lain dengan memanfaatkan smartphone sebenarnya memiliki dua mekanisme. Apabila tanpa izin, melacak smartphone orang lain adalah kegiatan yang tak diperbolehkan. Namun dengan izin, kegiatan itu ternyata memiliki keuntungan tersendiri. 

Misalnya ditujukan bagi orangtua yang sudah membekali anaknya dengan smartphone. Jadi, orangtua dapat memantau pergerakan anaknya dan mengetahui apabila anak-anak tersebut tak melalui jalur yang biasa dilewati saat pulang sekolah.

Sama halnya dengan pengguna smartphone pada umumnya. Dengan mengaktifkan fitur berbagi lokasi, kamu bisa mengetahui orang lain tanpa perlu sering mengontaknya saat sedang berencana untuk bertemu di suatu tempat.

Namun, seperti apa cara untuk mengetahui lokasi orang lain? Berikut ini adalah cara untuk melacak posisi smartphone orang lain untuk platform iOS dan Android seperti dikutip dari CNET, Selasa (13/2/2017).

iPhone dan iPad (iOS)

Apple sebenarnya telah menyediakan aplikasi berbagi antarpengguna perangkat yang menjalankan iOS. Aplikasi bernama Find My Friends ini hanya tersedia untuk iOS dan dapat diunduh secara gratis.

Untuk mulai menggunakan Find My Friend, pengguna harus terlebih dulu mengundang orang lain yang akan diikuti. Cara melakukannya dengan membuka aplikasi dan ketuk opsi 'Add' yang ada di pojok kanan atas.

Setelah itu, cari orang lain yang akan ditambahkan dalam daftar dan kamu sudah bisa memulai untuk saling berbagi lokasi. Jika kamu ingin berbagi lokasi dengan orang lain, cukup ketuk nama teman yang dituju, lalu pilih opsi 'More' di kanan atas dan 'Share My Location'.

Kamu bisa memilih durasi waktu berbagi lokasi mulai dari satu jam, sampai waktu berakhir, atau tanpa batas waktu. Apabila ingin mematikan fitur berbagi lokasi, kamu cukup membuka opsi 'Me' di layar utama dan menonaktifkan 'Share My Location'.

1 dari 2 halaman

Android

Android: Google+ Location Sharing

Layanan berbagi lokasi yang bisa diakses dari Google Plus (sumber: cnet.com)

Pengguna Android sebenarnya memiliki fitur serupa Find My Friend, tapi fitur ini tak hadir terpisah sebagai aplikasi tersendiri. Fitur berbagi lokasi ini sebenarnya tersedia pada layanan Google+, sehingga dapat digunakan pada platform iOS dan Android selama memiliki akun jejaring sosial itu.

Namun sedikit berbeda dari Find My Friends, pada fitur ini pengguna yang membagikan lokasinya kepada orang lain. Untuk melakukannya, kamu perlu membuka aplikasi Google+, pilih 'Menu' lalu 'Locations'.

Setelah muncul, buka 'Location Setting' dan 'Location Sharing'. Aktifkan fitur itu, lalu di bawah opsi 'Pinpoint Location buka 'Choose People to Share With'. Pilih orang lain ingin kamu tuju untuk berbagi lokasi dan pilih 'Done'.

Nantinya, orang tersebut akan dapat melihat lokasimu secara pasti. Apabila orang lain ingin berbagi lokasi denganmu, cukup lakukan cara seperti di atas dengan mengganti kontak orang yang akan dibagi.

Selain dua aplikasi tersebut, sebenarnya ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi serupa. Bagi kamu yang ingin mencoba, dapat mengunduh aplikasi Life360 atau GeoZilla.

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
Bikin Mudik Makin Asyik dengan 5 Aplikasi Ini
Artikel Selanjutnya
Niantic Ungkap Cara Baru Permalukan Cheater di Pokemon Go