Sukses

5 Kisah Unik Pendiri Microsoft

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Bill Gates dikenal sebagai miliuner dan dermawan. Pria yang tak lulus dari Harvard itu meraih kesukesan setelah mengembangkan perusahaannya sendiri yakni Microsoft.

Namun tahukah kamu, sebelum mencapai posisi saat ini, ia memiliki sejumlah kisah unik. Kisah yang terjadi saat masa muda dan setelah ia menjabat sebagai petinggi Microsoft, ternyata menggambarkan sisi lain dari istri Melinda Gates tersebut.

Lantas, seperti apa kisah-kisah unik seputar pendiri Microsoft itu? Berikut ini lima kisah unik seputar kehidupan Bill Gates yang dikutip dari laman Business Insider, Rabu (15/2/2017)

1. Memanfaatkan kesempatan

Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, Bill Gates muda ditugaskan oleh administrasi sekolah untuk membuat jadwal kelas dengan menggunakan komputer. Ternyata, Gates mengambil kesempatan itu untuk membuat kelas yang diikutinya berisi perempuan kesukaan pria kelahiran Seattle itu. 

2. Tak pernah masuk kelas 

Saat kuliah di Harvard, Gates ternyata tak pernah benar-benar masuk ke kelas yang didaftarnya. Alih-alih melakukan hal itu, ia memilih untuk mengikuti program lain yang lebih disukai. Kendati demikian, saat ujian akhir ia tetap mendapatkan nilai A.

3. Hampir dikenal sebagai ilmuwan

Ketika berumur 20 tahun, Gates sempat menciptakan sebuah solusi yang diberi nama 'Pancake Sorting'. Solusi ini merupakan penyelesaian masalah matematika yang bertahan selama 30 tahun.

Namun ketika profesor Gates di Harvard menyarankan untuk memublikasinnya di jurnal ilmiah, ia tak tertarik dan memilih untuk mengembangkan Microsoft. "Anak yang pintar. Sayang sekali," tutur mantan profesor Harvard Christos Papadimitriou.

1 dari 2 halaman

Kisah Unik Pendiri Microsoft

4. Hapal pelat nomor pegawai Microsoft

Siapa sangka, ia pernah menghapalkan pelat nomor pegawai Microsoft. Hal itu dilakukan untuk mengetahui jadwal seorang datang dan pergi meninggalkan kantor.

Gates beralasan hal itu perlu dilakukan agar ia tak menerapkan standar kerjanya yang dikenal sangat keras pada orang lain. Karenanya, setelah perusahaan berkembang lebih besar, standar kerja di Microsoft pun lambat laun mulai melonggar.

5. Penggemar berat Minesweeper

Masih ingat Mineswepper, gim klasik yang tersedia di sistem operasi Windows? Ternyata, Gates merupakan salah satu penggemar berat gim fenomenal pada masanya tersebut. Bahkan, ia diceritakan rela menghapus gim itu dari PC kantornya supaya bisa tetap produktif. 

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
5 Tips Aman Berinternet Saat Liburan
Artikel Selanjutnya
Tutup Ramadan, Mark Zuckerberg Bukber dengan Pengungsi Somalia