Sukses

Satelit Telkom 3S Siap Lepas Landas Sesuai Jadwal

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran satelit Telkom 3S milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tinggal menghitung jam. Menjelang peluncurannya, Telkom pun memastikan kesiapan terakhirnya sebelum menjelajah luar angkasa pada esok hari, Rabu (15/2/2017), pukul 04.39 pagi WIB.

Dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com, Selasa (14/2/2017), Telkom menyebutkan pihaknya telah melalui serangkaian proses persiapan. Kini anak usaha BUMN tersebut telah memasuki tahap akhir persiapan, yakni general rehearsal dan lunch readiness review.

General rehearsal adalah tahap terpenting yang harus dilewati. Tahap ini merupakan pengecekan akhir terhadap seluruh kondisi satelit sebelum diluncurkan berdasarkan check list. Tujuannya untuk memastikan spesifikasi teknis hingga seluruh fungsi pada satelit dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Sementara, Launch Readiness Review (LRR) adalah kegiatan pengecekan dan pengetesan seluruh elemen dan perangkat pendukung peluncuran, mulai dari kondisi roket sebagai launch vehicle hingga perangkat pendukung lainnya.

"Alhamdulillah, dua tahap terakhir telah terlewati. Hasil pengetesan semua item teknis launch vehicle dalam kondisi on-track dan hijau. Tidak ada kondisi yang memengaruhi jadwal peluncuran. Keputusannya, satelit Telkom 3S meluncur sesuai jadwal," ujar Direktur Network, IT and Solution Telkom Abdus Somad Arief

Seperti diketahui, satelit Telkom 3S diluncurkan menggantikan satelit Telkom 3 yang hilang orbit pada 2012 silam. Selain itu, peluncuran ini bertujuan untuk menambah kapasitas mengingat kapasitas dua satelit Telkom telah habis. Telkom 3S sendiri akan diluncurkan di Kourou, Frech Guiana menuju orbit 118 derajat Bujur Timur (BT).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Asa diketahui telah berada di lokasi peluncuran satelit, Guiana Space Center sejak 6 Februari lalu. Asa sendiri telah mengikuti serangkaian kegiatan persiapan peluncuran satelit Telkom 3S dengan sejumlah penanggung jawab dari Thales Alenia Space dan Arianespace. 

Sekadar informasi, Thales Alenia merupakan mitra resmi Telkom untuk memproduksi satelit Telkom 3S dan Arianespace adalah mitra resmi untuk membuat peluncur atau launcher satelit tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga, Asa membubuhkan tanda tangan di atas fairing (tempat satelit) sebelum diletakkan di ujung roket peluncur. Hal ini menandai prosesi akhir sebelum satelit diluncurkan.

"Kami memohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia di manapun berada agar satelit Telkom 3S dapat diluncurkan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan hingga sampai pada di orbit, dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk memberikan layanan telekomunikasi bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," ujar Asa. 

(Cas/Isk)

 

Artikel Selanjutnya
Grab Kantongi Dana Rp 26 Triliun dari Didi Chuxing dan SoftBank
Artikel Selanjutnya
Butuh 300 Ribu Tahun Bangun Koneksi Internet di Luar Angkasa