Sukses

Begini Serunya Nobar Siaran Langsung Peluncuran Satelit Telkom 3S

Begini keseruan dan kemeriahan nonton bareng (nobar) peluncuran satelt Telkom 3S di Jakarta dari siaran langsung di Kourou, French Guiana.

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran satelit Telkom 3S milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah memasuki babak akhir. Satelit ini siap menjelajah luar angkasa untuk menuju orbit 118 derajat Bujur Timur (BT).

Meski tidak berada di lokasi peluncuran, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan menyaksikan siaran peluncuran yang ditayangkan langsung dari sana.

Satelit Telkom 3S sendiri dijadwalkan meluncur pada hari ini pukul 04.39 WIB atau 14 Februari pukul 18.39 di Kourou, French Guiana.

Bertempat di Telkomsel Smart Office (TSO), Jakarta, nonton bareng (nobar) ini turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, jajaran direksi dan manajemen Telkom-Telkomsel, serta awak media.

Sementara, peluncuran Telkom 3S di Kourou, French Guiana, dihadiri oleh Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga, Direktur IT, Network, and Solution Telkom Abdus Somad Arief, serta perwakilan Kemkominfo dan Kementerian BUMN.

Menkominfo, Rudiantara saat memberikan kata sambutan di peluncuran satelit Telkom 3S di Telkomsel Smart Office (TSO), Jakarta, Rabu (15/2/2017). (Liputan6.com/Corry Anestia)

Dalam sambutannya, Rudiantara mengatakan bahwa peluncuran satelit ini menjadi prestasi bagi industri telekomunikasi di Tanah Air, khususnya Telkom yang meluncurkan saelit ketujuh.

"Saya berharap bisnis satelit dikembangkan, karena kita tidak bisa mengandalkan bisnis telekomunikasi dari kabel. Negara kita adalah negara kepulauan. Satu-satunya cara untuk menjangkau daerah terpencil adalah menggunakan satelit," ujarnya.

Satelit Telkom 3S diluncurkan sebagai satelit pengganti, yakni Telkom 3, yang hilang orbit pada 2012 silam. Untuk membuat satelit, Telkom bermitra dengan Thales Alenia Space untuk membuat bodi satelit dan Arianespace untuk peluncurnya.

(Cas/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini