Sukses

Startup Finalis Telkomsel The NextDev 2016 Kunjungi Singapura

Startup finalis Telkomsel The NextDev 2016 melakukan management trip ke Singapura untuk mengunjungi perusahaan digital di sana.

Liputan6.com, Jakarta - Dua startup finalis Telkomsel The NextDev 2016, yakni Tuntun dan Angkuts, melakukan management trip ke Singapura untuk mengunjungi perusahaan digital di sana. Ini merupakan bagian dari apresiasi yang didapatkan finalis dan pemenang The NextDev, yang terdiri dari Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Money, Monetization, dan Management Trip.

Kepada Tekno Liputan6.com, Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, "Singapura merupakan salah satu negara yang menjadi sentral aktivitas bisnis perusahaan-perusahaan digital terkemuka di kawasan Asia Pasifik. Kunjungan dua finalis The NextDev 2016 ke Singapura diharapkan bisa memberikan pengalaman berharga dan nilai tambah yang akan sangat berguna bagi pengembangan kompetensi dan kualitas mereka sebagai startup.”

Selain itu, kata Adita, perjalanan ini diharapkan juga dapat memberi inspirasi baru kepada anak muda Indonesia lainnya agar dapat terus berkarya memanfaatkan teknologi untuk kemajuan Indonesia.

Pada perjalanan ini Tuntun dan Angkuts mengunjungi Facebook dan Innov8. Mereka mengikuti kelas mengenai pengembangan bisnis startup dari pelaku bisnis di ekosistem kewirausaaan berbasis teknologi serta mengamati langsung aktivitas operasional kedua perusahaan tersebut. Dalam sesi networking, mereka juga berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat serupa dalam wirausaha berbasis teknologi.

Innov8 merupakan anak perusahaan Singtel yang menitikberatkan investasinya pada teknologi dan solusi untuk pengembangan jaringan, perangkat masa depan, konten digital, dan pengalaman pelanggan. Memiliki jangkauan hingga Silicon Valley, aktivitas Innov8 berhubungan erat dengan ekosistem inovator, developer, instansi pemerintah, penelitian dan pengembangan serta penyedia modal untuk membawa teknologi mutakhir dan solusi di tengah masyarakat.

Mereka juga mengunjungi Spacemob, tempat berbagai startup lokal Singapura berkolaborasi mengembangkan kemandirian dalam membangun bisnis.

Sekadar informasi, Tuntun dan Angkuts merupakan finalis Telkomsel The NextDev 2016, yang masing-masing berasal dari Denpasar dan Pontianak. Tuntun adalah aplikasi digital di bidang e-Tourism berupa virtual guide dengan fitur audio streaming untuk berbagai tempat wisata, sedangkan Angkuts adalah sebuah aplikasi digital di bidang e-Energy yang menawarkan jasa kurir sampah sekaligus memberikan nilai ekonomis untuk sampah.

Dalam waktu dekat tiga pemenang Telkomsel The NextDev 2016, yaitu Habibi Garden, Kostoom, dan Juru Parkir, juga akan melakukan perjalanan bersama Telkomsel ke Eropa untuk mengikuti konferensi teknologi tingkat internasional serta bertemu dengan beberapa pelaku industri startup terdepan di dunia.

The NextDev merupakan salah satu program tanggung jawab sosial Telkomsel berupa kompetisi pembuatan solusi digital untuk Smart City dan Smart Rural dengan tujuan menggali potensi anak muda Indonesia dalam menciptakan mobile apps yang berdampak sosial positif bagi masyarakat. Di tahap awal, lebih dari 1.000 aplikasi mobile telah terdaftar untuk berkompetisi. Tiga pemenang The NextDev 2016 akhirnya berhasil terpilih setelah melewati seleksi tingkat regional dan nasional, pitching, dan bootcamp.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini