Sukses

Tak Perlu Antigores, Cairan Ini Bikin Layar iPhone 'Sekuat Baja'

Liputan6.com, Berlin - Sebuah startup menciptakan teknologi pelindung layar iPhone dengan cairan khusus. Cairan padat seperti lem ini diklaim dapat membuat layar iPhone tahan banting.

Jika layar iPhone sudah dioleskan cairan tersebut, pengguna tak perlu lagi mengenakan screen protector (lapisan antigores).

Adalah ProtectPax, startup asal Jerman yang berhasil menciptakan cairan screen protector khusus untuk iPhone. Dilansir Mashable, Senin (20/2/2017), daya tahan ProtectPax diklaim begitu kuat dan tahan lama ketimbang antigores biasa yang ada di pasaran.

Anthony Filipiak, pendiri ProtectPax, mengatakan bahwa cairan buatannya terbuat dari material titanium dioxide nanoparticles.

"Material ini adalah material nanotechnology yang sebetulnya dirancang untuk digunakan pada industri penerbangan. Jika dioleskan di layar iPhone, layar akan sekuat baja dan tahan terhadap goresan apapun," tutur Filipiak menjelaskan.

Sayangnya, cairan ajaib ini masih belum dijual di pasaran. ProtectPax kini masih menggalang dana di laman IndieGogo agar realisasi penjualan produknya bisa diwujudkan. Sampai saat ini, sekitar lebih dari 1.859 pendukung telah menyumbang dana untuk ProtectPax.

Cairan pelindung layar perangkat elektronik seperti ProtectPax ternyata bukan yang pertama diciptakan. Pada 2013 lalu, ada juga cairan dengan teknologi NANO yang dirancang khusus untuk melindungi layar perangkat.

Bedanya, jika ProtectPax dibuat khusus untuk iPhone, cairan dengan nama "Kristall" ini dirancang untuk tiga jenis perangkat: smartphone (Android dan iOS, tentunya red.), tablet dan laptop.

Kristall Liquid Screen Protector merupakan NANO Technology yang dikembangkan di Jepang. Akan tetapi, teknologi NANO yang diusung oleh Kristall sebelumnya digunakan untuk benda antipeluru seperti kevlar di Amerika Serikat.

Kristall sendiri mengantongi Sertifikasi SGS Taiwan yang membuatnya bertahan hingga level 9 Hardness. Angka ini lebih unggul dari Corning Glass. Cairan Kristall saat ini hanya bisa bekerja maksimal ketika dikenakan pada kaca.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.