Sukses

Teknologi Kecerdasan Buatan Bisa Deteksi Autisme Pada Bayi

Sekelompok ilmuwan di University of North Carolina mengembangkan algoritma deep learning yang dapat memprediksi tanda autisme pada bayi

Liputan6.com, North Carolina - Tanda-tanda autisme biasanya muncul pada fase usia dini. Untuk bisa mengetahuinya di fase lebih muda cukup sulit. Karenanya, ilmuwan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) untuk mendeteksi autisme pada bayi.

Dilansir dari Engadget, Kamis (23/2/2017), sekelompok ilmuwan di University of North Carolina telah mengembangkan algoritma deep learning yang dapat memprediksi tanda-tanda autisme pada bayi, dengan tingkat akurasi 88 persen dan sensitivitas 88 persen.

Tim ilmuwan juga telah melatih sistem algoritma ini untuk mengenali tanda autisme dengan melakukan metode pemindaian otak, serta melihat tiga faktor: permukaan otak, volume otak, dan jenis kelamin bayi.

Mereka telah melakukan uji coba dan hasilnya kecerdasan buatan dapat memprediksi peningkatan tanda autisme pada bayi usia 6 hingga 12 bulan. Teknologi ini diharapkan dapat membantu orang tua untuk lebih awal mendiagnosis autisme anaknya di usia menjelang satu tahun.

Pun demikian, implementasi teknologi kecerdasan buatan untuk mendeteksi tanda-tanda autisme masih dinilai belum optimal. Heather Hazlett, psikologi dan ilmuwan Brain Development dari University of North Carolina mengatakan, pengembangan kecerdasan buatan masih butuh waktu agar nantinya dapat menguji metode manual yang biasa digunakan untuk mendeteksi autisme.

"Uji diagnostik dengan teknologi mutakhir seperti ini memakan biaya besar. Kami pikir untuk sekarang belum layak digunakan, apalagi untuk bayi. Meski begitu kami juga mencari cara untuk berinovasi bagaimana pada akhirnya kecerdasan buatan bisa digunakan secara klinis dengan baik dan teratur," tandas Heather.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.