Sukses

iPhone Rusak Bertuliskan Steve Jobs Dijual Rp 1,9 Miliar

iPhone rusak yang bagian belakangnya bertulis Steve Jobs dijual Rp 1,9 miliar di eBay, bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, sebuah iPhone 4s dengan tulisan Steve Jobs dan siluet wajah Jobs di bagian belakangnya dijual seharga US$ 149.999 atau setara Rp 1,9 miliar di laman jual beli e-Bay. Uniknya, kondisi iPhone tersebut sudah hancur lebur.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari BGR, Rabu (22/2/2017), penjual mengatakan bahwa iPhone dengan siluet wajah dan tulisan Steve Jobs itu merupakan edisi terbatas.

"Ini adalah satu dari 56 ponsel yang dibuat untuk menghormati mendiang Steve Jobs," kata penjual yang tak diketahui identitasnya.

Tertulis pada bagian belakang iPhone, "Steve Jobs 1955-2011" dan mengganti logo Apple dengan gambar siluet wajah Jobs dari sisi samping.

BGR menuliskan, sebenarnya logo pada iPhone tersebut dibuat oleh seorang mahasiswa jurusan desain di Hong Kong bernama Jonathan Mak. Ia membuatnya sebagai sebuah penghormatan setelah Jobs meninggal dunia.

Kemudian, desain Mak menjadi viral dan dipakai untuk berbagai aksesoris mulai dari casing ponsel hingga poster. Tak hanya itu, desain yang tak resmi dibuat oleh Apple itu juga dipakai oleh Goldgenie.

iPhone 4s emas besutan Goldgenie dibuat berdasarkan desain Jonathan Mak (Sumber: BGR)

Perusahaan itu selama ini selalu membesut iPhone yang terbuat dari bahan emas dan dijual sangat mahal. Tak hanya iPhone, Apple Watch dan perangkat Apple lain dari bahan emas pun pernah dibesut Goldgenie.

Perusahaan memodifikasi iPhone produksi Apple dan mengganti casing dan sejumlah bagian lain dengan lapisan emas. Setelah Jobs wafat pada 2011, Goldgenie memutuskan untuk meluncurkan iPhone 4s edisi spesial untuk menghormati Jobs.

Panel belakang iPhone 4s kemudian diubah dengan lapisan emas dan diganti dengan logo buatan Mak. Goldgenie pun membuatnya terbatas, 56 unit saja.

Dengan demikian, bisa dibilang bahwa iPhone yang dijual di eBay itu bukanlah produk edisi spesial besutan Apple maupun milik Goldgenie.

Ironisnya, casing belakang dengan desain yang dibuat Mak itu bisa diperoleh di eBay dengan harga US$ 10-US$ 15 atau sekitar Rp 133-200 ribuan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini