Sukses

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aksesori yang banyak diburu pengguna ponsel adalah pelindung layar. Meski kebanyakan ponsel saat ini sudah mengusung Corning Gorilla Glass, yang diklaim memiliki kekuatan dan ketahanan tertentu sesuai dengan variannya, tidak ada salahnya untuk memasang pelindung layar tambahan sekadar untuk jaga-jaga.

Ada beberapa jenis pelindung layar, dengan harga berbeda-beda tentunya. Di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan lain-lain, kamu dapat dengan mudah menemukan pelindung layar yang kamu cari. 

Namun sebagian di antara kamu, mungkin saja bingung bagaimana cara memasang pelindung layar ponsel yang tepat. Atas alasan ini pula, ada yang memilih pergi ke toko offline untuk membeli pelindung layar sekaligus meminta si penjual untuk memasangnya. 

Maka dari itu, Tekno Liputan6.com sajikan artikel yang mengulas cara bagaimana memasang pelindung layar ponsel sendiri. Caranya cukup mudah, loh. Yuk, simak baik-baik!

Bahan-bahan yang diperlukan

- Pelindung layar

- Kain mikrofiber

- Cairan pembersih layar (opsional)

- Gunting

- Selotip

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel. Liputan6.com/Yuslianson

Beberapa produk pelindung layar ada juga yang menyertakan kain mikrofiber basah di paket pembeliannya, sehingga kamu tak perlu membeli kain mikrofiber dan cairan pembersih layar secara terpisah. 

1 dari 2 halaman

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel

Langkah pertama, bersihkan layar ponsel dengan menggunakan kain mikrofiber. Usahakan gerakan arah membersihkannya searah. Misalnya, dari kiri ke kanan, atau dari atas ke bawah. Begitu seterusnya. 

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel. Liputan6.com/Yuslianson

Selanjutnya, lihat baik-baik layar ponsel kamu dengan teliti. Cari apakah masih ada kotoran, debu, atau partikel lainnya yang tersisa.

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel. Liputan6.com/Yuslianson

Di tahap ini, kamu bisa menggunakan selotip yang dilingkarkan di telunjuk kamu. Pastikan selotip yang kamu gunakan adalah selotip bening karena kalau menggunakan selotip kuning, 'komponen' warna kuning di selotip itu malah akan tertinggal di layar ponsel.

Bersihkan kotoran, debu, atau partikel lainnya yang kamu temukan dengan cara menempelkan telunjuk kamu. 

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel. Liputan6.com/Yuslianson

Setelah yakin layar ponsel kamu benar-benar bersih, tak ada kotoran, debu, atau partikel lainnya sedikit pun, waktunya kamu memasang pelindung layar. 

Di tahap ini kamu harus cermat dan presisi menentukan posisi lapisan pelindung ketika hendak dipasang. Jangan sampai miring, terlalu atas, terlalu bawah, dan semacamnya. Jangan mencopot semua lapisan pembuka. Mulailah dari pojok atas, kemudian tempel secara perlahan dari pojok tersebut. Lalu, 'urut' ke bagian lainnya secara rata.

Kalau pelindung belum terpasang secara rata, karena ada udara misalnya, angkat kembali lapisan pelindung, kemudian bersihkan bagian tersebut. Selanjutnya tempel kembali secara perlahan dan merata.

Cara Memasang Pelindung Layar Ponsel. Liputan6.com/Yuslianson

(Why/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Bidik Milenial, G1 Pro Bisa Buka dan Kunci Aplikasi Pakai Wajah
Artikel Selanjutnya
Tak Cuma Konsol, Atari Garap Topi Pintar dengan Speaker