Sukses

Kamera Depan iPhone 8 Bakal Pakai Teknologi Terbaru?

Analis KGI Securities Ming-Chi Kuo menyebutkan kamera depan iPhone 8 punya kemampuan untuk mengenali ruang 3D.

Liputan6.com, California - Isu terbaru mengenai iPhone 8 yang dikabarkan rilis tahun ini kembali muncul. Kali ini analis KGI Securities Ming-Chi Kuo menyebutkan kamera depan pada smartphone besutan Apple itu merupakan generasi terbaru.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (24/2/2017), kamera depan itu memiliki kemampuan untuk mengenali ruang 3D. Tak hanya itu, kamera tersebut juga dapat berfungsi untuk aplikasi yang memerlukan kemampuan pengenalan wajah.

Dalam catatannya, Ming-Chi Kuo menyebut kamera depan 3D ini dapat diaplikasikan pada gim tertentu, sehingga pengguna dapat memasang gambar wajahnya pada karakter di gim yang sedang dimainkan. Fungsi lain yang juga dihadirkan pada kamera ini adalah pengenalan iris mata dan selfie yang ditingkatkan.

Kabarnya, sensor kamera depan pada iPhone 8 dapat mengetahui jarak objek dengan kamera untuk mendukung kemampuan augmented reality. Modul sensor kamera depan ini akan mengguna inframerah sebagai transmitter dan receiver.

Masih menurut Kuo, kamera depan ini akan menggunakan teknologi laser dari Lumentum, seperti yang sudah diisukan sebelumnya. Ia juga memerkirakan seluruh modul kamera ini nantinya akan diproduksi oleh Sony.

Penggunaan teknologi pengenalan wajah untuk kebutuhan AR pada iPhone terbaru memang sempat dikabarkan beberapa waktu lalu.

Hal itu diperkuat dengan langkah Apple mengakuisisi Faceshift, perusahaan yang mengembangkan teknologi transformasi wajah untuk AR. Karenanya, pada teknologi kamera depan iPhone 8 ini, Apple juga disebut-sebut akan menyertakan teknologi PrimeSense, perusahaan AR yang dibeli Apple pada 2013. CEO Apple Tim Cook dalam beberapa kesempatan sempat menyinggung bahwa Apple akan fokus pada pengembangan teknologi AR.

Sebelumnya, isu lain juga menyebut teknologi wireless charging tak akan digunakan pada iPhone yang rilis tahun ini. Prediksi analis JPMorgan, Harlan Sur, menyebut teknologi pengisian daya nirkabel itu baru akan menyambangi iPhone pada 2018.

Untuk itu, belum dapat dipastikan apakah Apple benar-benar akan menyertakan kemampuan wireless charging pada iPhone 8. Karena itu, menarik untuk menantikan pengumuman resmi dari Apple yang pada tahun ini disebut-sebut akan memperkenalkan tiga varian iPhone.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.