Sukses

Google Doodle Ikut Rayakan Penemuan 7 Planet Baru yang Mirip Bumi

Liputan6.com, Mountain View - Penemuan 7 planet asing di luar Tata Surya (exoplanet) oleh NASA ternyata juga turut dirayakan oleh Google.

Sebagai bentuk apresiasi, raksasa pencarian tersebut menampilkan Google Doodle khusus dengan ilustrasi Bumi yang sedang memegang teropong untuk mencari planet. Ilustrasi eye-catching ini dibuat oleh salah satu kreator Google Doodle, Nate Swinehart.

Dilansir CNET pada Kamis (23/2/2017), penemuan tersebut dinilai merupakan penemuan paling mengagumkan yang pernah dilakukan sepanjang sejarah pencarian tata surya.

Pasalnya, ketujuh planet yang berada di dalam formasi bintang ultracool "Trappist-1" ini memiliki ukuran yang sama dengan Bumi. Tiga di antaranya Trappist-1e, f dan g, bahkan memiliki lautan di permukaan planet.

Satu dari tiga planet yang memiliki perairan bahkan diyakini bisa menjadi planet yang kelak bisa dihuni manusia. Sebab, luas laut di permukaan planet tersebut diklaim paling besar dan dipercaya menjadi sumber kehidupan bagi manusia.

Iklim planet itu lebih dingin dari Bumi, namun atmosfernya stabil dan cukup untuk gas rumah kaca.

Sekadar informasi, 7 planet baru ini adalah yang paling akurat dan mirip dengan Bumi. Di luar sana, ada sekitar 3.500 planet asing, namun karakteristiknya tidak setipe dengan Bumi.

Ketujuh planet asing ini ditemukan oleh teleskop Spitzer milik NASA dengan sejumlah teleskop lain yang ada di European Southern Observatory. Selain itu, mereka juga menggunakan teleskop robotik yang dioperasikan langsung dari Liverpool John Moores University.

Spitzer adalah teleskop infra merah yang mengikuti Bumi saat mengitari matahari. Para ilmuwan berpendapat, teleskop Spitzer sesuai untuk meneliti Trappist-1 karena formasi bintang ultracool di mana planet tersebut bersemayam dianggap memiliki cahaya paling terang jika ditelisik dalam modus cahaya infra merah.

(Jek/Isk)

Artikel Selanjutnya
4 Tempat Misterius Ini Dihuni Para Alien?
Artikel Selanjutnya
Ilmuwan Temukan Tata Surya yang Mirip Tempat Tinggal Manusia