Sukses

Sensor Kamera Terbaru Sony Bisa Rekam Video 960fps

Liputan6.com, Tokyo - Sony dikabarkan sedang mengembangkan sensor kamera terbaru yang bisa merekam video dalam frame rate hingga 960fps (frame per second). Sensor kamera tersebut akan digunakan untuk sensor kamera iPhone yang akan dirilis di masa mendatang.

Sayang, perusahaan asal Jepang ini masing mengunci rapat-rapat, apakah sensor dengan frame rate tinggi itu benar digarap untuk iPhone teranyar atau tidak.

Jika 60fps saja sudah mampu menciptakan video slow-motion dengan detail, sensor dengan frame rate 960fps dipastikan mampu membuatnya lebih jelas.

Namun, dilansir Ubergizmo dari Nikkei Technology pada Jumat (24/2/2017), Sony disebut akan menggarap sensor kamera untuk iPhone generasi terbaru. Secara teknis, sensor tersebut terdiri dari lapisan DRAM (dynamic random-access memory) di antara komponen image sensing dan logic circuit.

Sony mengklaim, sensor baru buatannya bisa menghasilkan video full HD 1080 HD dalam frame rate 960fps. Jauh bila dibandingkan dengan sensor iPhone 7 dan 7 Plus yang kini cuma menghasilkan video 720p dalam 120fps.

Sony sendiri memang sempat menjadi vendor pembesut sensor kamera iPhone, beberapa tahun terakhir. Namun tidak bisa dipastikan apakah iPhone 8 akan kembali mengusung sensor buatan Sony atau tidak.

Yang pasti, belum ada sensor kamera yang dapat menghasilkan video dengan frame rate 960fps seperti yang telah Sony kembangkan untuk saat ini.

(Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini