Sukses

Cetak Rekor, Final Fantasy Jadi Gim dengan Seri Terbanyak

Selain itu, Square Enix juga mendapatkan dua penghargaan rekor lainnya secara khusus untuk Final Fantasy XIV: A Realm Reborn.

Liputan6.com, Frankfurt - Final Fantasy dinobatkan menjadi gim dengan rekor seri terbanyak di sepanjang sejarah. Tak hanya itu, seri gim waralaba Square Enix tersebut juga mencetak dua rekor lainnya khusus untuk seri Final Fantasy XIV: A Realm Reborn yang dirilis pada 2013.

Penghargaan rekor diberikan oleh Guinness World Record pada gelaran Final Fantasy XIV Fan Festival yang dihelat di Frankfurt, belum lama ini.

Dilansir Gaming Target, Jumat (24/2/2017), penghargaan rekor seri terbanyak mencatat, Final Fantasy memiliki 87 judul hingga sekarang. Selain seri utama (Final Fantasy I-XV), seri spin-off lain seperti Final Fantasy: Brave Exvius dan lainnya juga masuk dalam hitungan judul.

Dua rekor lainnya yang dinobatkan khusus untuk Final Fantasy XIV: A Realm Reborn adalah rekor end credit terpanjang dalam gim MMO (Massively Multiplayer Online) yang berdurasi 1 jam 38 menit.

Selain itu, Final Fantasy XIV juga mendapatkan rekor kategori musik orisinil terbaik. Gim tersebut menghadirkan 384 track musik yang direkam khusus di sepanjang Final Fantasy XIV.

Naoki Yoshida, produser dan sutradara Final Fantasy XIV serta Masayoshi Soken, sound director, dan komposer musik Final Fantasy XIV turut menghadiri ajang bergengsi tersebut. Mereka berdua mewakili tim pengembang Final Fantasy XIV untuk menerima penghargaan khusus dua kategori untuk gim ini.

Sedangkan Yosuke Matsuda, presiden dan direktur representatif Square Enix, mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan seri Final Fantasy terbanyak.

Sayangnya, Final Fantasy XV, seri Final Fantasy terbaru yang dirilis pada November 2016, tidak mencuat dalam daftar nominasi penghargaan rekor. Padahal kalau disimak, gim tersebut memiliki sejumlah poin potensial yang patut diberikan penghargaan.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini