Sukses

Soal Pajak Startup, Kemkominfo: Perlu Konsep Pajak Baru

Liputan6.com, Jakarta - Pajak menjadi salah satu hal yang dikeluhkan sekaligus membingungkan pelaku startup. Bisnis startup berbeda dengan bisnis konvensional pada umumnya. Biasanya startup baru akan menghasilkan profit setelah bertahun-tahun berjalan.

Bahkan, ketika datang ke kantor pajak, pengalaman yang didapat pun beragam. Ada yang mendapat keterangan bahwa pajak yang mesti dibayar adalah satu persen nett, ada pula yang mendapat informasi sepuluh persen gross. 

Hal ini menjadi salah satu pembahasan di sesi tanya jawab usai diskusi panel di ajang Local Startup Fest, hari ini (24/02/2017) di The Space Senayan City, Jakarta, yang dimoderasi oleh CTO dan Co-Founder Tiket.com Natali Ardianto.

"Menurut saya, ini yang harus kita bicarakan dengan (Dirjen) Pajak. Perlu konsep pajak baru buat ekonomi baru, terutama pelaku ekonomi-ekonomi baru ini (termasuk startup) karena memang (bisnis startup) beda," ujar Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan. 

Kemudian pria yang akrab disapa Semy itu mengatakan, "Kalau mengenai (pajak) satu persen atau sepuluh persen, itu kan kalau gak salah yang sepuluh persen itu kalau lebih dari tiga miliar (rupiah) ya. [...] Tapi kalau di bawah itu, fix satu persen."

Sekadar informasi, bisnis startup memang berisiko tinggi. Jangankan mengantongi profit, mencapai break-even point saja perlu upaya ekstrakeras. Mengutip Fortune, 9 dari 10 startup mengalami kegagalan. Penyebabnya beragam di antaranya produk dari startup itu ternyata tidak marketable (42 persen), startup kehabisan uang untuk operasional (29 persen), komposisi tim tidak tepat (23 persen), dan lain-lain.

Adapun Local Startup Fest resmi dimulai hari ini, Jumat (24/2/2017) di The Space Senayan City, Jakarta. Exhibition, talk show, pitch battle, dan recruitment pitch, dapat pengunjung temukan di acara yang berlangsung hingga Minggu (26/2/2017) ini.

Acara ini terselenggara berkat kolaborasi antara Local.co.id dan Komunitas Startup Lokal, yang didukung oleh pihak-pihak lainnya.

Dalam sambutannya, pendiri Local.co.id Sayed Muhammad mengatakan, "Banyak yang penasaran apa itu startup, bagaimana membuat startup, dan sebagainya. Bahkan banyak yang tidak tahu apa definisi startup itu sendiri. Di Local Startup Fest ini, kami harapkan mereka bisa tahu semua tentang startup."

(Why)

Artikel Selanjutnya
Sekelas Unicorn Masih Harus Cari Tambahan Modal
Artikel Selanjutnya
Akselerator Silicon Valley Akui Kekuatan Startup Indonesia