Sukses

Tips Internetan Lebih Aman di WiFi Gratisan

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau WiFi publik tak selalu aman, bahkan berpotensi diretas oleh pihak lain yang ingin mendapatkan informasi data penggunanya.

Oleh karena itu, jika kamu adalah pengguna setia WiFi publik yang bisa diakses secara gratis di tempat-tempat umum, ada baiknya untuk selalu waspada.

Langkah apa saja yang patut dilakukan? Berikut ini adalah beberapa tips yang Tekno Liputan6.com kutip dari ScoopWhoop, Senin (27/2/2017) agar perangkat kamu tetap aman saat menggunakan WiFi publik.

1. Cek Ulang Nama WiFi

Bayangkan jika kamu sedang ada di kafe Starbucks, kamu pasti tak akan berpikir dua kali untuk menggunakan WiFi di tempat tersebut. Nah, 'kelalaian' tersebutlah yang membuat hacker dapat dengan mudahnya mencuri informasi sensitif yang tersimpan dalam perangkatmu.

Dengan menghubungkan perangkat ke jaringan yang tak aman, kemungkinan data kamu dicuri jauh lebih besar. Hal ini karena hacker menggunakan nama mirip dengan WiFi di tempat umum.

Mulailah untuk selalu menanyakan nama WiFi kepada karyawan tempat kamu berada mengenai kebenaran nama dan kata sandi WiFi yang digunakan di tempat tersebut.

Ilustrasi WiFi.

2. Hindari Akses Informasi Sensitif Saat Terhubung dengan WiFi Publik

Setelah mengetahui bahwa WiFi publik rentan terhadap serangan siber, sebaiknya hindari untuk mengakses berbagai informasi yang bersifat sensitif. Misalnya saja mengakses email, layanan perbankan, akun kartu kredit, atau berbelanja di online shop.

Login Aplikasi Liputan6 Menggunakan Facebook

 

1 dari 3 halaman

Atur Manual WiFi

3. Atur Manual Saat Hendak Terhubung dengan WiFi

Salah satu langkah untuk tetap aman mengakses WiFi adalah agar jangan mengatur perangkat yang kamu gunakan terhubung otomatis dengan WiFi yang tersedia di tempat umum. Pastikan agar laptop, tablet, atau smartphone terkoneksi dengan WiFi secara manual saat kamu hendak mengakses internet.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu mengatur perangkat untuk 'forget' atau melupakan akses WiFi publik setelah selesai memakainya.

Siapa di antara kamu yang merupakan pemburu WiFi gratis?

4. Log Out

Saat selesai menggunakan WiFi di tempat umum, jangan lupa untuk log out dari akun-akun personal yang tadi sempat dibuka. Misalnya saja kamu mengakses akun Facebook atau media sosial lain, kamu perlu me-log out agar data pribadi tetap aman.

Log out akun pribadi kamu saat selesai terhubung dengan WiFi publik (Sumber: WikiHow)

5. Jangan Mengganti Password Saat Terhubung dengan WiFi Publik

Usahakan untuk tak mengganti password saat kamu terhubung dengan WiFi publik, sebab hal ini berpotensi pada pelanggaran data atau serangan siber. Pastikan, mengganti password dilakukan saat kamu berada di jaringan internet yang aman. 

Ilustrasi Password

 

2 dari 3 halaman

Gunakan HTTPS

6. Gunakan HTTPS

HTTPS mengenkripsi data yang terhubung antara komputer dan server web yang kamu kunjungi. Memang saat pengguna membuat pencarian teks tak masalah jika tak memakai koneksi aman (HTTPS). Akan tetapi, jika kamu membuka akun yang perlu memasukkan password, seperti email, Facebook dan situs lainnya, pastikan untuk selalu menggunakan koneksi aman.

Jika kamu menggunakan HTTP tanpa s (secure/aman), seseorang dengan niat buruk bisa saja mendapatkan informasi-informasi sensitif milikmu.

Untuk koneksi tetap aman, gunakan HTTPS saat mengakses internet di WiFi publik (Sumber: ScoopWhoop)

7. Gunakan VPN

Virtual private network (VPN) merupakan cara mengarahkan lalu lintas web melalui jaringan aman. Bisa jadi, cara ini membuat lalu lintas kamu di internet menjadi lebih aman.

VPN Gratis dan Tak Terbatas dari Opera Kini Tersedia untuk PC

(Tin/Ysl)