Sukses

Geevv, Mesin Pencari Sekaligus Sarana Donasi

Liputan6.com, Jakarta - Google merupakan mesin pencari di internet terpopuler saat ini. Namun sebenarnya sejumlah pengembang juga menawarkan layanan serupa, seperti yang dilakukan oleh Geevv.

Geevv merupakan startup Indonesia yang memiliki produk berupa mesin pencari. Namun tak sekadar berfungsi sebagai mesin pencari, Geevv menawarkan layanan lain berupa kesempatan untuk berdonasi bagi penggunanya.

"Jadi, setiap pencarian kata kunci di Geevv akan digunakan sebagai donasi untuk mengatasi masalah kemiskinan, kesehatan, dan pendidikan," tutur Public Relations Geevv Mugi Silih Mulyadi saat ditemui di gelaran Local Startup Fest di Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Donasi juga berasal dari pendapatan iklan di platform Geevv. Perusahaan yang mulai aktif sejak September 2016 ini berkomitmen menyumbangkan 80 persen pendapatan iklan untuk program sosial dan 20 persen untuk meningkatkan layanan dan situs Geevv.

Geevv saat ini juga menggandeng pihak ketiga untuk menyalurkan dana donasi. "Sebelumnya kami memang menyalurkan donasi sendiri, tapi untuk bantuan di Aceh dan Bima kami menyalurkannya melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT)," ujar Chief Executive Officer Azka Asfari Silmi.

Menurut Azka, menggandeng pihak ketiga dapat membantu meyakinkan orang lain mengenai informasi donasi yang disalurkan.

Lantas, seperti apakah mesin pencari Geevv? Azka menuturkan, pada awalnya memang Geevv memanfaatkan teknologi sendiri, tapi kali ini pihaknya memanfaatkan API dari Bing milik Microsoft.

"Awalnya kami mengembangkan sistem sendiri, tapi karena terlalu berat, akhirnya kami memanfaatkan Bing dari Microsoft," tutur Azka.

Lebih lanjut ia juga menuturkan Geevv mendapat dukungan lewat program BizSpark dari Microsoft. Sekadar informasi, BizSpark merupakan salah satu inisiatif Microsoft untuk menyediakan layanan dan dukungan bagi startup selama 3 tahun secara gratis, meliputi software, layanan, dukungan teknis, serta layanan komputasi awan Azure Cloud.

(Dam/Why)