Sukses

Google Assistant Dipastikan Hadir untuk Android 6.0 ke Atas

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki mengenai kehadiran Google Assistant untuk smartphone Android lain di luar Pixel terjawab sudah. Google memastikan asisten virtual anyar tersebut akan menyambangi dua versi Android paling baru, yakni Marshmallow dan Nougat.

Dikutip dari The Verge, Senin (27/2/2017), kehadiran fitur tersebut akan digulirkan secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan. Namun untuk tahap pertama, pembaruan melalui sistem Over-The-Air (OTA) ini baru tersedia di beberapa negara saja.

"Google Assistant akan mulai digulirkan pekan ini untuk pengguna berbahasa Inggris di Amerika Serikat, disusul Australia, Kanada, dan Inggris. Pengguna berbahasa Jerman di Jerman pun akan mendapatkan fitur serupa," tulis keterangan resmi Google. Rencananya, bahasa lain akan ditambahkan dalam beberapa tahun ke depan.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah seluruh perangkat Android yang menjalankan Marshmallow dan Nougat bisa menggunakan fitur ini. Google sendiri hanya menyebut pembaruan ini akan hadir pada perangkat yang sesuai, tanpa menyebut spesifikasi pasti.

Kabar mengenai kehadiran Google Assistant untuk perangkat di luar Pixel memang telah terdengar beberapa waktu lalu. Awal bulan ini, sejumlah pengembang berhasil menemukan kehadiran asisten virtual itu pada versi alpha dari aplikasi Google Now (versi 6.13).

Untuk informasi, Google Assistant awalnya hanya dapat digunakan dan tersedia secara eksklusif di perangkat Pixel saja. Namun dengan pengumuman resmi ini, Google memastikan ribuan dari jutaan perangkat Android bisa merasakan pengalaman memakai asisten virtual tersebut.

Google Assistant sendiri merupakan pembaruan Google Now yang mendukung percakapan dua arah dan pencarian lebih akurat. Lewat fitur ini memungkinkan pengguna Pixel membuat janji, bertanya soal informasi apa pun, termasuk terhubung dengan perangkat Google lain, seperti Google Home.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Google Bakal Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware
Artikel Selanjutnya
Kode Tersembunyi di Android Oreo Ungkap Fitur Menarik, Apa Itu?