Sukses

Lahir di MWC, VR Headset Terbaru Samsung Punya Remote Control

Liputan6.com, Jakarta - Samsung tak hanya memboyong dua model tabletnya ke ajang Mobile World Congress (MWC) 2017. Perusahaan Korea Selatan ini juga memperkenalkan virtual reality (VR) headset terbarunya, Gear VR edisi 2017 pada sebuah konferensi pers di Barcelona, Minggu 26 Februari malam waktu setempat.

Berbeda dengan Gear VR generasi sebelumnya, Gear VR terbaru ini dilengkapi dengan sebuah kontroler.

Mengutip laman Android Central, Senin (27/2/2017), Gear VR 2017 ini hadir dengan kontroler yang memungkinkan pengguna untuk meng-input sentuhan, menunjuk dan menyeret (dragging), serta menembak dalam dunia maya.

Dari segi desain, Gear VR edisi baru ini mirip dengan edisi sebelumnya yang dirilis bersamaan dengan Galaxy Note 7 akhir 2016 lalu.

Baik dimensi, bobot, serta lensa yang digunakan masih tetap sama dengan edisi sebelumnya. Pun perangkat smartphone yang bisa dipakai masih sama dengan sebelumnya, yakni Galaxy S6, S6 Edge, S7 Edge, S7, dan Note 5.

Oleh karena itu, bagian terpenting dari Gear VR kali ini adalah kontroler yang mampu menghadirkan pengalaman baru saat menggunakan Samsung VR.

Di kontroler, terdapat tombol trigger, home, back dan volume. Sensor di dalamnya antara lain adalah magnetic, accelerometer dan gyro sensor.

Kontroler Gear VR edisi terbaru ini ditunjang oleh baterai AAA yang diklaim mampu bertahan hingga 40 hari dengan rata-rata penggunaan 2 jam per harinya.

Kepada Android Central, Samsung menegaskan bahwa kontroler ini akan dijual terpisah dari VR headset. Sehingga, jika kamu telah memiliki Gear VR edisi sebelumnya kamu bisa membeli kontroler saja.

Gear VR terbaru yang mendarat sebulan sebelum peluncuran Galaxy S8 ini juga tetap bisa dipakai pada perangkat flagship itu. Kemungkinan karena Samsung menghadirkan dukungan USB C di perangkat tersebut.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini