Sukses

Oppo Perkenalkan Teknologi 5x Dual-Camera Zoom

Liputan6.com, Barcelona - Oppo memperkenalkan teknologi terbaru di gelaran MWC (Mobile World Congress) 2017. Teknologi yang bernama 5x Dual-Camera Zoom tersebut adalah teknologi dual-camera untuk smartphone dengan struktur periskop. Teknologi ini diklaim sebagai yang pertama di dunia.

Seperti disampaikan pihak Oppo dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com, Selasa (28/2/2017), teknologi yang memakan waktu pengembangan selama kurang lebih satu tahun tersebut telah melibatkan 106 engineer. Bahkan, Oppo telah mengajukan lebih dari 50 paten untuk teknologi ini.

Seperti disampaikan Sky Li, Vice President and Managing Director Oppo International Mobile Business, fitur 5x Dual-Camera Zoom adalah gebrakan Oppo di dunia fotografi.

"Ini juga merupakan bukti dari dedikasi Oppo menjawab kebutuhan konsumen, yaitu ingin terus berinovasi untuk hasil gambar yang indah dan jelas," kata Li.

Secara mekanisme, vendor asal Tiongkok ini meletakkan dual kamera yang memakai lensa wide-angle dan lensa telephoto. Pada lensa telephoto tersebut, Oppo menyematkan struktur periskop.

Dengan begitu, smartphone Oppo nantinya akan memiliki fitur zoom sebanyak 5 kali dalam modus gambar landscape, portrait atau close-up.

Fitur zoom ini tergolong baru dan belum pernah diadopsi vendor smartphone lain. Sebab, kebanyakan kamera smartphone pada umumnya cuma bisa melakukan zoom sebanyak 2 kali saja.

Untuk memaksimalkan teknologi ini, Oppo juga menyematkan Optical Image Stabilization (OIS). Namun bedanya, jika kebanyakan OIS dipasang di lensa wide-angle, Oppo justru menempatkannya di lensa telephoto.

Lensa telephoto dinilai Oppo memiliki prisma dan lensa yang dapat menangkap gambar dengan stabil dan meredam getaran secara utuh. Alhasil, gambar yang diambil memiliki kualitas terbaik bahkan dalam modus zoom 5 kali sekali pun.

Teknologi tersebut tak akan mengorbankan ruang di bodi smartphone Oppo. Jadi, smartphone yang menggunakan teknologi ini tak akan hadir dengan bodi bongsor. Karena perangkat memiliki struktur persikop, nantinya smartphone hanya akan memiliki ketebalan 5,7 mm, lebih tipis 10 persen dari lensa smartphone optical zoom 2x.

Terlepas dari semua kecanggihan teknologi yang ditawarkan, Oppo sayangnya belum mau mengungkapkan smartphone terbarunya yang kelak akan mengusung teknologi ini.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
5 Smartphone dengan Dua Kamera Depan untuk Penyuka Selfie
Artikel Selanjutnya
5 Ponsel Berkamera Terbaik, Apa Saja?