Sukses

Perangkat Sony Xperia X Bisa Jajal Sailfish OS

Liputan6.com, Helsinki - Tak dimungkiri, iOS dan Android adalah sistem operasi mobile terpopuler saat ini. Meski begitu, peluang masih terbuka lebar bagi startup teknologi pembesut OS yang ingin menjajal peruntungan di ranah mobile. Jolla bisa dibilang salah satunya.

Jolla merupakan vendor smartphone asal Finlandia yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia. Diketahui, mereka telah mengembangkan OS buatannya sendiri, Sailfish OS, selama bertahun-tahun.

Sayangnya, kiprah Jolla dinilai kurang mendominasi pasar. Karena itu, sebagai gebrakan ekspansi, Jolla akhirnya memutuskan untuk 'bermigrasi' perangkat ke Sony Xperia X. Ini artinya pengguna Sony Xperia X kelak bisa menggunakan Sailfish OS.

Dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (4/3/2017), Sailfish OS akan hadir dalam program Sony Open Device. Nantinya, pengguna Sony Xperia X akan diberikan opsi untuk berganti dari Android ke Sailfish OS.

Karl-Johan Dahlström, Direktur Sony Developer Program mengatakan, pihaknya mendukung langkah Jolla untuk mengembangkan dan berinovasi di open-source platform Sony.

Karena itu, misi Jolla sejalan dengan tujuan program Sony yakni membangun ekosistem terkuat dari pengalaman software yang unik. "Pengalaman ini kami persembahkan khusus bagi pengguna dan pengembang. Bersama dengan Jolla, kami hadirkan pengalaman mobile yang berpengaruh," kata Dahlström.

Sailfish OS diklaim sebagai OS ketiga terbesar di dunia setelah Android dan iOS. Chairman Jolla, Antti Saarnio, menurut laporan Forbes, yakin bahwa Sailfish OS mendapatkan respons positif.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Nokia: Google Kunci Sukses Kami di Dunia Smartphone
Artikel Selanjutnya
Lebih Banyak Perangkat Bakal Pakai Nama BlackBerry