Sukses

Wanita 81 Tahun Luncurkan Aplikasi iPhone Perdananya

Liputan6.com, Tokyo - Usia tak menghalangi seseorang untuk terus belajar dan menghasilkan karya, tak terkecuali seorang wanita asal Jepang bernama Masako Wakamiya. Ia meluncurkan aplikasi iPhone perdananya di usia 81 tahun.

Aplikasi bernama Hinadan ini dikembangkan Wakamiya untuk mengajarkan lebih banyak orang tentang cara mengatur boneka pajangan saat Hinamatsuri atau Hari Boneka. Hinamatsuri merupakan festival anak perempuan yang dirayakan setiap 3 Maret.

Dikutip dari The Next Web, Jumat (3/3/2017), nama Hinadan berasal dari gabungan kata 'hina' yang berarti boneka, serta kata 'dan' yang berarti deretan. Aplikasi ini sebenarnya berupa gim yang meminta pemain mengatur 12 boneka ke posisi yang semestinya.

Sebagai informasi, saat Hinamatsuri, biasanya anak perempuan di Jepang akan membantu orang tuanya memajang boneka yang biasa disebut sebagai hinaningyou. Festival ini sebenarnya dilakukan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Karenanya, gim ini akan berakhir saat pemain sudah berhasil meletakkan boneka di titik yang tepat.

Selain aplikasi, Wakamiya juga akfif menulis blog dalam bahasa Inggris dan Jepang. Lewat blog tersebut, ia membagikan informasi seputar perjalanannya sekaligus mengajarkan cara memakai Excel untuk digubah menjadi karya seni.

Uniknya, Wakamiya bukanlah seorang yang paham dengan dunia komputer. Ia baru memulai belajar komputer saat berusia 60 tahun. Sebelum terjun ke dunia teknologi, ia sebenarnya bekerja di salah satu bank kenamaan Jepang selama 43 tahun.

Berkat usahanya ini, ia kini dikenal sebagai salah satu sosok menginspirasi. Wakamiya bahkan pernah menjadi pembicara di gelaran TEDxTokyo dan membahas cara menjadi aktif di dunia digital saat usia senja.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
Eksis, Istri Barack Obama Ikut Aktif di Snapchat
Artikel Selanjutnya
Apple Tendang Ratusan Ribu Aplikasi dari App Store